Kirab Kemerdekaan dan Napak Tilas Peristiwa Rengasdengklok 16 Agustus, Moment Sejarah Perjuangan Bangsa

Kirab Kemerdekaan dan Napak Tilas Peristiwa Rengasdengklok 16 Agustus, Moment Sejarah Perjuangan Bangsa

Gabungan komunitas Karawang bersama Acep Jamhuri menggelar kirab kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih di Tugu Proklamasi, Rengasdengklok, Karawang, Jumat (16/8).-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Gabungan komunitas Karawang bersama Acep Jamhuri menggelar kirab kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih di Tugu Proklamasi, Rengasdengklok, Karawang, Jumat (16/8).

Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru Karawang turut hadir mengikuti kegiatan yang cukup sakral tersebut.

Sebelumnya, ratusan anggota komunitas onthel, motor, mobil klasik dan pers telah terlebih dahulu melakukan Pawai Kirab Kemerdekaan yang dimulai dari Islamic Center Karawang menuju Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok.

Kegiatan ini sebagai napak tilas tentang peristiwa di Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 lalu atau satu hari sebelum kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 1945.

"Napak tilas ini sangat penting, untuk merefleksikan perjuangan dan kejadian di masa lalu sebelum detik-detik terjadinya kemerdekaan bangsa Indonesia, bahwa pengibaran bendera merah putih pertama kali itu dilaksanakan di Rengasdengklok pada 16 Agutus 1945," ujar Acep Jamhuri, Jumat, 16/8/2024.

BACA JUGA:Sambut HUT RI ke-79, DPRD Jabar Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

BACA JUGA:Calon Pimpinan KPK dan Tantangan 79 Tahun Indonesia Merdeka: Wujudkan Cita-Cita Indonesia Bebas Korupsi

Ia mengatakan, pada saat itu pelaksanaan pengibaran bendera merah putih diiringi dengan pembacaan solawat dan diakhiri menyanyikan Indonesia Raya.

"Tetapi kalau sekarang, kita akan membacakan solawat pada saat pembawaan bendera menuju tiang, dan pada saat pengibaran bendera, akan diiringi dengan menyanyikan Indonesia Raya," ucap Acep.

Acep Jamhuri menjelaskan, kirab kemerdekaan dan pengibaran bendera ini harus tetap digelar setiap tahun sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah.

"Sebagai penerus bangsa kita harus terus menapaki setiap jejak sejarah. Kita harus sampaikan kepada anak cucu kita bahwa kita harus terus menghormati perjuangan para pejuang kemerdekaan," papar Acep.

BACA JUGA:HUT Provinsi Jabar, Fraksi PAN DPRD Jawa Barat Berharap Jabar Semakin Maju hingga Ekonomi Tumbuh Positif

BACA JUGA:Nonton Dungeon No Naka No Hito (Dungeon People) Episode 6 sub Indo

Sementara itu, Ketua Pelaksana Syuhada Wisastra, menuturkan, kirab kemerdekaan ini menjadi momen bersejarah karena Tugu Proklamasi Rengasdengklok merupakan tempat penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: