13 Cara Mengatasi Permasalahan Rumah Tangga yang Bisa Kalian Ikuti!

13 Cara Mengatasi Permasalahan Rumah Tangga yang Bisa Kalian Ikuti!

13 Cara Mengatasi Permasalahan Rumah Tangga yang Bisa Kalian Ikuti!--Alodokter

8. Mengatasi Masalah Seksual

- Bicarakan dengan Terbuka: Jangan takut untuk mendiskusikan kehidupan seksual dengan pasangan. Bicarakan keinginan, kebutuhan, dan batasan dengan jujur.

- Konseling Seksual: Jika masalah seksual terus berlanjut, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari konselor atau terapis seksual.

9. Mengelola Stres dan Kesehatan Mental

- Dukungan Emosional: Berikan dukungan emosional satu sama lain, terutama saat salah satu pasangan mengalami stres atau masalah mental.

- Cari Bantuan Profesional: Jika stres atau masalah kesehatan mental terlalu berat untuk diatasi sendiri, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog atau konselor.

10. Menghadapi Ketidaksetiaan

- Diskusikan Secara Terbuka: Jika terjadi ketidaksetiaan, bicarakan masalah ini dengan jujur dan tanpa menyembunyikan apa pun. Pahami alasan di balik ketidaksetiaan tersebut dan diskusikan bagaimana perasaan kalian.

- Putuskan Langkah Berikutnya: Berdasarkan diskusi, putuskan bersama-sama apakah hubungan masih bisa diselamatkan atau tidak. Pertimbangkan konseling pasangan jika kalian berdua ingin mencoba memperbaiki hubungan.

11. Mengelola Hubungan dengan Keluarga Besar

- Tetapkan Batasan yang Jelas: Diskusikan batasan yang jelas dengan keluarga besar, seperti seberapa sering mereka boleh terlibat dalam urusan rumah tangga kalian.

- Konsensus dengan Pasangan: Pastikan kamu dan pasangan memiliki pemahaman dan kesepakatan yang sama mengenai bagaimana menghadapi campur tangan dari keluarga besar.

12. Konseling atau Terapi Pasangan

Pertimbangkan Konseling: Jika masalah dalam rumah tangga terlalu sulit untuk diselesaikan sendiri, konseling pasangan bisa menjadi solusi. Seorang terapis dapat membantu kalian berdua mengidentifikasi masalah, memahami perasaan masing-masing, dan menemukan cara untuk memperbaiki hubungan.

13. Jaga Komitmen dan Kesabaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: