Takut dan Ragu, Ini Hal yang Harus dipersiapkan Jika Ingin Menggunakan Softlens Untuk Pemula

Takut dan Ragu, Ini Hal yang Harus dipersiapkan Jika Ingin Menggunakan Softlens Untuk Pemula

Takut dan Ragu, Ini Hal yang Harus dipersiapkan Jika Ingin Menggunakan Softlens Untuk Pemula --Alodokter

6. Cara Melepas Softlens

   1. Cuci Tangan: Seperti saat memasang, cuci tangan terlebih dahulu.

   2. Geser Softlens ke Bawah: Lihat ke atas dan gunakan jari telunjuk untuk menarik lensa ke bagian putih mata yang lebih bawah.

   3. Jepit Lensa dengan Jari: Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menjepit lensa kontak dengan lembut dan lepaskan dari mata.

7. Perawatan Softlens

Membersihkan Softlens: Jika kamu menggunakan lensa kontak harian, buang lensa setelah satu kali pakai. Jika menggunakan lensa yang bisa dipakai lebih lama (mingguan atau bulanan), bersihkan lensa dengan cairan pembersih setiap kali dilepas dan simpan di wadah yang bersih dengan cairan baru.

Ganti Cairan Setiap Hari: Jangan pernah menggunakan kembali cairan pembersih yang lama. Setiap kali lensa disimpan, cairan dalam wadah harus diganti yang baru.

Ganti Lensa Sesuai Jadwal: Pastikan kamu mengganti lensa sesuai instruksi (harian, mingguan, atau bulanan) dan tidak menggunakan lensa melebihi waktu yang disarankan.

8. Perhatikan Tanda-tanda Iritasi

   - Jika mata terasa sakit, merah, gatal, atau ada sensasi benda asing di mata saat menggunakan softlens, segera lepaskan lensa dan bilas dengan cairan pembersih. Jika masalah berlanjut, sebaiknya konsultasi ke dokter mata.

   - Jangan tidur dengan menggunakan softlens kecuali kamu menggunakan lensa khusus yang disetujui untuk pemakaian saat tidur.

9. Hindari Paparan Air dan Produk Kimia

   - Jangan berenang atau mandi dengan softlens kecuali kamu menggunakan kacamata renang yang ketat. Air bisa membawa bakteri yang berisiko menyebabkan infeksi.

   - Hindari paparan produk seperti hairspray atau parfum yang bisa mengenai lensa dan menyebabkan iritasi.

10. Latihan Sabar dan Konsisten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: