5 Fakta Menarik Seputar Ruang Operasi di Rumah Sakit, Ternyata Ini Alasan Ruangannya Dibuat Dingin

5 Fakta Menarik Seputar Ruang Operasi di Rumah Sakit, Ternyata Ini Alasan Ruangannya Dibuat Dingin

fakta menarik ruang operasi--picture by www.smc-hospital.com

Pernahkah kamu memasuki ruangan operasi di rumah sakit? Atau pernahkah kamu menjalani operasi? Yuk simak artikel ini untuk mencari tahu fakta menarik seputar ruang operasi

Operasi adalah tindakan yang dilakukan oleh dokter bedah yang ahli untuk memberikan pertolongan kepada pasien. Misalnya, pasien mengalami patah tulang pada kaki dan harus dibantu oleh pemasangan pen. Maka, di sinilah peran dokter bedah yang ahli untuk melakukan tindakan operasi. 

Bagi kamu yang pernah ke ruangan operasi, pasti merasakan sensasi dingin seperti masuk ke dalam kulkas. Apakah pernah terbesit dalam pikiran mengapa ruangan operasi sangat dingin? Yuk kita temukan jawabannya di bawah ini.

Ruangan operasi di rumah sakit biasanya diatur dengan suhu yang dingin, antara 19-22 derajat Celsius. Ada beberapa alasan mengapa suhu ini sengaja dibuat rendah.

1. Mengatur Kelembaban: Suhu dingin membantu mengatur kelembaban di dalam ruangan, yang penting untuk menjaga kondisi steril dan mencegah pertumbuhan bakteri.

BACA JUGA:Remaja India Tewas Usai Dioperasi oleh Dokter yang Belajar Tutorial dari Youtube

2. Kenyamanan Tim Medis: Dengan banyaknya peralatan elektronik dan aktivitas yang terjadi selama operasi, suhu ruangan dapat meningkat. Suhu yang lebih dingin membantu menjaga kenyamanan tim medis yang bekerja dalam waktu lama.

3. Mengurangi Risiko Infeksi: Suhu yang lebih rendah dapat membantu mengurangi risiko infeksi pasca operasi dengan menjaga lingkungan tetap steril.

4. Mencegah Peningkatan Suhu Tubuh Pasien: Selama operasi, pasien mungkin tidak bergerak dan dapat mengalami peningkatan suhu tubuh. Suhu dingin di ruangan operasi membantu mencegah hal ini dan menjaga suhu tubuh pasien tetap stabil.

Dengan alasan-alasan ini, pengaturan suhu di ruangan operasi sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan baik pasien maupun tim medis.

BACA JUGA:6 Hal yang Penting Kamu Perhatikan sebelum Menjalani Tindakan Operasi di Rumah Sakit

Setelah mengetahui alasan mengapa ruangan operasi dibuat dingin, kita juga akan memberikan fakta menarik lainnya seputar ruangan operasi di rumah sakit. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Fakta Menarik Seputar Ruangan Operasi di Rumah Sakit

Ruangan operasi di rumah sakit adalah tempat yang sangat penting dan memiliki banyak fakta menarik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: