Penah Dengar Alunan Musik di Ruang Operasi? Ternyata ini 5 Alasannya

Penah Dengar Alunan Musik di Ruang Operasi? Ternyata ini 5 Alasannya

fungsi musik di ruang operasi--picture by purimedika.com

Bagi pasien yang pernah melakukan tindakan operasi di rumah sakit pasti pernah mendengar alunan musik di dalam ruangan tersebut. 

Musik yang diputar dengan volume yang pas ini membuat semua orang bertanya-tanya. Jika dilihat dari manfaat mendengar musik itu sendiri dapat membantu seseorang semangat. 

Namun, bagaimana jika musik diputar saat melakukan aktivitas tindakan operasi di rumah sakit. Apakah tujuannya untuk membuat pasien tenang atau bagi tim dokter?

Jadi, menurut beberapa sumber, 50% tindakan operasi itu banyak ditemani dengan alunan musik. Hal ini bertujuan agar membuat pasien menjadi tenang atau tidak cemas saat masuk ke ruangan untuk dioperasi. 

Namun, di samping banyaknya manfaat alunan musik saat proses operasi, ada juga yang kontra terhadap hal ini. Beberapa orang mengkhawatirkan apakah selama proses operasi, komunikasi antara dokter bedah dan tim lainnya bisa fokus? 

BACA JUGA:6 Hal yang Perlu Ditanyakan oleh Pasien ke Dokter Bedah sebelum Melakukan Operasi

Alasan di Ruangan Operasi Terdapat Alunan Musik

Beberapa rumah sakit dan tim medis memilih untuk memutar musik selama prosedur bedah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa alunan musik sering ada di ruangan operasi.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Musik dapat membantu menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman, baik untuk pasien maupun tim medis. Ini membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin dialami selama prosedur.

2. Meningkatkan Fokus

Bagi beberapa anggota tim medis, musik dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus selama operasi. Suara musik dapat mengalihkan perhatian dari kebisingan lain yang mungkin ada di ruangan.

BACA JUGA:6 Hal yang Penting Kamu Perhatikan sebelum Menjalani Tindakan Operasi di Rumah Sakit

3. Meningkatkan Suasana Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: