Puncak HUT Karawang: Distan Sediakan Sebanyak 391 Dosis Vaksin Rabies Secara Gratis

Puncak HUT Karawang: Distan Sediakan Sebanyak 391 Dosis Vaksin Rabies Secara Gratis

Sabtu Besok, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kabupaten Karawang menyediakan sebanyak 391 dosis vaksin rabies secara gratis dalam rangkaian puncak perayaan Hari Jadi Karawang.-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kabupaten Karawang menyediakan sebanyak 391 dosis vaksin rabies secara gratis dalam rangkaian puncak perayaan Hari Jadi Karawang yang akan digelar pada Sabtu, 21 September mendatang. Acara ini akan berlangsung di Technomart Mall, mulai pukul 15.00 hingga 19.00 WIB.

Menurut keterangan dari Drh. Tatik, salah satu dokter hewan dari Distan Karawang, kegiatan vaksinasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Distan dan Komunitas Cat Lover Karawang yang juga merayakan ulang tahun komunitas mereka yang ke-7.

"Setiap tahun kami mengadakan vaksinasi rabies gratis. Kebetulan kali ini kami bekerja sama dengan Cat Lover Karawang yang juga sedang merayakan anniversary mereka. Mereka meminta dukungan dinas untuk vaksinasi rabies gratis, dan momen ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Karawang serta Hari Rabies Sedunia," ujar Tatik pada Selasa, 17 September.

BACA JUGA:Perhelatan MTQ ke 56 Tingkat Kabupaten Bekasi akan Berlangsung di Kecamatan Cikarang Utara

Jumlah dosis vaksin yang akan diberikan yaitu 391, disesuaikan dengan usia Kabupaten Karawang yang ke-391 tahun. 

Meskipun Karawang sudah dinyatakan bebas rabies sejak beberapa tahun lalu, vaksinasi ini tetap dilakukan sebagai langkah pencegahan.

"Dosisnya 391 sesuai dengan hari jadi Karawang. Meskipun Karawang sudah bebas rabies sejak 3 hingga 5 tahun terakhir, namun di beberapa daerah di Jawa Barat masih ada hewan yang terduga rabies," jelas Tatik.

Tatik juga memastikan bahwa vaksin rabies ini tidak memberikan efek samping bagi hewan yang divaksin. Namun, ia mengimbau agar pemilik hewan tidak memandikan hewan peliharaannya segera setelah vaksinasi.

BACA JUGA:Dimeriahkan Selebritis FC dan Pertandingkan Enam Cabor, Bupati Cup 2024 Resmi Dibuka di Stadion Singaperbangsa

"Alhamdulillah, tidak ada efek samping dari vaksin ini. Namun, kami sarankan agar hewan yang baru divaksin tidak dimandikan dulu. Vaksin ini ditujukan untuk hewan-hewan seperti anjing, kucing, monyet, dan musang, karena selama ini kasus rabies yang menular ke manusia mayoritas berasal dari anjing," jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan vaksinasi rabies gratis ini, bisa mendaftar melalui formulir Google yang telah disediakan. Vaksinasi akan dilakukan mulai pukul 15.00 hingga 19.00 WIB.

"Kami menyediakan pendaftaran melalui Google Form. Kegiatan ini akan berlangsung pada Sabtu, 21 September, dari pukul 15.00 hingga 19.00 WIB. Kami mengimbau agar pemilik hewan peliharaan, terutama anjing, kucing, musang, dan kera, tetap melakukan vaksinasi rabies setiap tahun, serta menjaga hewan-hewan tersebut agar tidak berkeliaran bebas untuk menghindari gigitan yang berpotensi menularkan rabies ke manusia," tambah Tatik.

BACA JUGA:Harus Netral, Ini 3 Poin Penting Larangan Bagi ASN Selama Pilkada Kabupaten Bekasi 2024

Selain di Technomart Mall, Distan Karawang juga menyediakan layanan vaksinasi rabies di berbagai acara pelayanan terpadu (paten) yang digelar di beberapa wilayah Karawang. Dalam setiap kegiatan paten, sekitar 20 hewan peliharaan mendapatkan vaksin rabies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: