Terungkap Alasan PLTGU Jawa-1 Terletak di Karawang, Ini Penjelasan PT Jawa Satu Power

Terungkap Alasan PLTGU Jawa-1 Terletak di Karawang, Ini Penjelasan PT Jawa Satu Power

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 berkapasitas 1.760 Mega Watt milik PT JAWA SATU POWER telah mencuri perhatian dunia.-KBE-karawangbekasi.disway.id

"Sejak memasuki tahap komersial operasi maka besaran penyaluran listrik ini tergantung kepada permintaan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN," kata Rudy. 

 

Setelah proses COD ini dianggap sukses, PT Jawa Satu Power juga merencanakan untuk melakukan ekspansi kapasitas. Sebagaimana diketahui, saat ini PLTGU Jawa-1 yang berada di Cilamaya-Karawang memiliki kapasitas sebesar 1.760 Mega Watt. Di masa depan, JSP berharap bisa meningkatkan kapasitas pembangkit listrik tersebut. 

 

Rudy mengatakan pihaknya sudah secara intensif berdiskusi bersama PT PLN (Persero) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengkaji kemungkinan peningkatan kapasitas produksi. 

 

“Kami sedang melakukan diskusi intensif dengan PLN dan juga dari ESDM untuk mengkaji kemungkinan ekspansi. Kami saat ini belum bisa menghitung kira-kira berapa kapasitas yang bisa kami tambahkan,” katanya.

 

Meski begitu, Rudy bilang masih ada beberapa pertimbangan yang dipertimbangkan mulai dari kelebihan kapasitas sampai peralatan yang dapat digunakan.“Karena kita ingin lihat apakah ada excess capacity, apakah peralatan yang kami punya sekarang itu masih mempunyai excess capacity, sehingga kami bisa menambah kapasitas. Jadi itu masih dalam kajian kita saat ini,” pungkasnya.

 

Soal keputusan penambahan kapasitas, keterlibatan pemerintah juga merupakan hal yang sangat penting. Rudy bilang pihaknya saat ini masih fokus pada kapasitas 1.760 MW untuk disuplai memenuhi permintaan PLN. 

 

“Tentunya nanti tergantung kepada PLN dan juga pemerintah. Apakah memungkinkan apabila Jawa Satu Power menambah kapasitas yang saya bilang tadi adalah 2 x 880 MW. Jadi kontrak kapasitas kita saat ini adalah 1.760 MW, 1.760 MW ini kewajiban kita untuk suplai ke PLN,” terangnya.

 

Ia juga menyebut jika nantinya ada penambahan kapasitas, maka keterlibatan mitra strategis khususnya untuk peralatan juga masuk ke dalam pertimbangan. Saat ini sistem PLTGU Jawa-1 Power disebut Rudy telah menggunakan peralatan tercanggih di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: