Tahukah Moms ASI Bisa Menjadi Basi? Berikut Ciri-ciri ASI Basi Beserta Efek Sampingnya Bagi Bayi

Tahukah Moms ASI Bisa Menjadi Basi? Berikut Ciri-ciri ASI Basi Beserta Efek Sampingnya Bagi Bayi

Ciri-ciri ASI Basi Beserta Efek Sampingnya-(Pixabay/Beeki)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - ASI yang disimpan untuk diberikan nanti kepada bayi terkadang bisa menjadi basi, sehingga tidak bisa diberikan kepadanya. Untuk itu, penting bagi Ibu menyusui untuk mengetahui ciri-ciri ASI basi.

Ciri-ciri ASI yang sudah basi dapat terlihat dari teksturnya yang menggumpal, serta mengalami perubahan pada aroma, warna, dan rasa. Yuk Moms, cari tahu lebih lanjut tentang tanda-tanda ASI yang sudah kedaluwarsa dalam artikel berikut ini.

Apakah ASI Bisa Basi?

Pertanyaan yang sering muncul di benak Moms yang pertama kali menyusui adalah, “Apakah ASI bisa basi di payudara?” Jawabannya adalah tidak. ASI yang ada di dalam tubuh Moms tidak akan pernah basi, karena ASI mengandung bakteri baik yang berfungsi membunuh bakteri jahat di payudara dan menjaga ASI tetap segar.

Namun, saat ASI dikeluarkan tanpa memperhatikan cara penyimpanan yang tepat, ASI bisa menjadi basi akibat kontaminasi bakteri yang memicu pembusukan. ASI yang sudah kedaluwarsa tidak layak untuk dikonsumsi bayi. Oleh karena itu, Moms perlu tahu cara penyimpanan yang benar.

Langkah sederhana untuk mencegah ASI basi adalah dengan menyimpannya dalam wadah steril yang tertutup rapat. Selain itu, perhatikan suhu penyimpanannya. Jika disimpan pada suhu ruangan 25 derajat Celcius, ASI bisa bertahan hingga 4 jam. Sementara, jika disimpan dalam keadaan beku, ASI dapat bertahan selama 2 minggu.

BACA JUGA:Newborn Mom Wajib Konsumsi Ini! 8+ Buah untuk Memperlancar ASI bagi Ibu Menyusui

Ciri-Ciri ASI Basi

Agar Moms dapat memastikan bahwa ASI yang disimpan masih berkualitas baik, penting untuk mengenali ciri-ciri ASI yang sudah basi. Berikut adalah tanda-tandanya:

- Tekstur ASI menggumpal dan gumpalan tersebut tidak larut meski sudah diaduk.

- Aroma amis yang tercium dari ASI.

- Warna berubah dari putih atau kekuningan menjadi lebih gelap dan tampak tidak segar.

- Rasa asam yang muncul karena ASI sudah terkontaminasi bakteri.

Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, Moms bisa mencegah bayi minum ASI basi yang tidak baik bagi kesehatannya, sehingga bayi terhindar dari risiko penyakit yang dapat menghambat pertumbuhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: