Tak Usah Khawatir, Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Tak Usah Khawatir, Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Tak Usah Khawatir, Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi--Alodokter

Kendalikan Berat Badan: Jika kamu memiliki kelebihan berat badan, menurunkan beberapa kilogram saja dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kehilangan 5-10% dari berat badan total bisa secara signifikan menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL.

4. Berhenti Merokok

Berhenti Merokok: Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol HDL dan juga memperbaiki kesehatan jantung secara keseluruhan. Dalam beberapa minggu setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung akan berkurang secara signifikan.

5. Batasi Konsumsi Alkohol

Kurangi Alkohol: Batasi konsumsi alkohol untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Untuk pria, batasan konsumsi adalah dua gelas per hari, sementara untuk wanita, satu gelas per hari.

6. Konsumsi Suplemen

- Sterol dan Stanol Tumbuhan: Suplemen yang mengandung sterol dan stanol tumbuhan dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol di usus. Mereka biasanya ditemukan dalam margarin khusus dan minuman yogurt.

- Suplemen Serat: Suplemen serat larut seperti psyllium juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

7. Pengobatan Medis

- Statin: Jika perubahan gaya hidup tidak cukup menurunkan kolesterol, dokter mungkin meresepkan obat statin. Statin bekerja dengan menghambat enzim yang digunakan hati untuk memproduksi kolesterol.

- Obat Penurun Kolesterol Lain: Selain statin, ada beberapa obat lain seperti ezetimibe, bile acid sequestrants, dan PCSK9 inhibitors yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup seperti pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, obesitas, merokok, dan konsumsi alkohol berlebih. Faktor genetik dan usia juga dapat berkontribusi. Untuk mengatasinya, penting untuk mengadopsi pola makan sehat, berolahraga secara teratur, mengelola berat badan, serta menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Jika perlu, obat-obatan seperti statin dapat membantu menurunkan kolesterol. Mengelola kolesterol sejak dini sangat penting untuk mencegah risiko penyakit jantung dan komplikasi lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: