Ketahui 6 Penyebab Keputihan Menggumpal Seperti Ampas Tahu, Perlu Diwaspadai

Ketahui 6 Penyebab Keputihan Menggumpal Seperti Ampas Tahu, Perlu Diwaspadai

Keputihan Ampas Tahu--hellosehat

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Keputihan jadi masalah umum yang sering dialami sebagai besar Wanita normal. Muali dari perubahan warna, intnsitas keluarnya keputihan, sampai teksture yang berubah ubah. Salah satu kondisi yang pernah dialami Wanita selama keputihan adalah perubahan tekstur yang menyerupai ampas tahu.

 

Keputihan yang memiliki tekstur mirip ampas tahu dapat dialami oleh wanita dari remaja hingga dewasa. Jika kamu baru pertama kali mengalaminya, ada baiknya kamu untuk tidak panik karena kondisi tersebut adalah hal yang normal bagi siklus reproduksi.

BACA JUGA:Bahaya Darah Haid Yang Menggumpal Bagi Kesehatan? Ini Penyebabnya

 

Dalam siklus reproduki Wanita, Dimana perubahan dalam warna, tekstur, atau bau keputihan merupakan kondisi yang normal atau bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

 

Jika keputihan yang kamu alami punya teksture berbeda dan lebih padat layaknya seperti ampas tahu. Hal tersebut bisa menandakan adanya infeksi yang perlu segera ditangani. Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui penyebab terjadinya keputihan berupa gumpalah layaknya ampas tahu.

 

1.      Penyebab Keputihan Seperti Ampas Tahu

 

Salah satu penyebab keputihan yang menyerupai ampas tahu adalah infeksi jamur Candida di area vagina. Selain jamur ini, ada beberapa jenis jamur dan bakteri lain yang juga dapat menyebabkan kondisi serupa. Dengan memahami informasi ini, Kamu diharapkan lebih waspada terhadap kebersihan dan kesehatan organ intim.

BACA JUGA:Jerawat Jadi Tanda Tanda Kehamilan? Simak 3 Perbedaan Jerawat Hamil dan Haid

 

Penyebab Keputihan Seperti Ampas Tahu

 

  1. Bakteri Vaginosis
    Salah satu penyebab keputihan yang menyerupai ampas tahu adalah bakteri vaginosis. Kondisi ini dapat menyebabkan keputihan berbau amis, terutama setelah berhubungan seksual.
  2. Trikomoniasis
    Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit kecil. Jika infeksi ini semakin parah, keputihan bisa berubah menjadi kuning kehijauan dan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu di area vagina.
  3. Herpes Genital
    Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyakit ini dapat menyerang baik pria maupun wanita. Pada wanita, herpes genital dapat menyebabkan keputihan seperti ampas tahu dengan bau yang menyengat.
  4. Klamidia
    Klamidia adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini dapat menginfeksi leher rahim dan saluran kemih. Ciri khas dari klamidia adalah keputihan berwarna kekuningan yang memiliki bau busuk.
  5. Gonore
    Gonore adalah penyakit menular seksual yang terjadi di area tubuh yang lembap, seperti alat kelamin. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan intim, dan orang yang sering bergonta-ganti pasangan berisiko tinggi terkena gonore. Pada wanita, gonore juga dapat menyebabkan keputihan seperti ampas tahu.
  6. Penyebab Lainnya
    Selain ke lima penyakit tersebut ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan keputihan menggumpal seperti ampas tahu meliputi:

 

·         Kurangnya kebersihan vagina.

 

·         Penggunaan celana ketat yang membuat area vagina lembap.

 

·         Obesitas.

 

·         Kehamilan.

 

·         Diabetes.

 

Dengan memahami berbagai penyebab ini, Kamu dapat lebih waspada terhadap kesehatan area kewanitaan dan berusa mengindari pemicu keputihan tersebut bisa terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: