Pemkab Karawang Optimistis Pembangunan RSUD Rengasdengklok Rampung Pertengahan Tahun 2025

Pemkab Karawang Optimistis Pembangunan RSUD Rengasdengklok Rampung Pertengahan Tahun 2025

Pemerintah Kabupaten Karawang optimistis pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rengasdengklok akan rampung pertengahan tahun 2025, meskipun hingga saat ini progresnya baru mencapai 76,117 persen.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Karawang optimistis pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rengasdengklok akan rampung pertengahan tahun 2025, meskipun hingga saat ini progresnya baru mencapai 76,117 persen.

"Kami upayakan pada pertengahan tahun 2025, RSUD Rengasdengklok sudah bisa digunakan untuk melayani masyarakat," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Asep Aang Rahmatullah, di Kantor Bupati Karawang, Jumat 25 Oktober 2024.

Aang menekankan pentingnya penyelesaian pembangunan RSUD Rengasdengklok tepat waktu, mengingat perannya yang krusial dalam meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah utara Karawang.

"RSUD Rengasdengklok merupakan bagian dari upaya Pemkab Karawang untuk mempermudah pelayanan kesehatan, terutama bagi masyarakat di wilayah utara Karawang yang mencakup kecamatan Rengasdengklok, Batujaya, Pakisjaya, Tirtajaya, Jayakerta, hingga Pedes," jelas Aang. 

BACA JUGA:DPRD Jabar Gelar Rapur Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas 3 Ranperda

BACA JUGA:Dinilai Abaikan Pengusaha Lokal, Ribuan Massa Masyarakat Desa Parungmulya Lakukan Unjuk Rasa ke PT IGP

RSUD Rengasdengklok dibangun di atas lahan seluas sekitar 2,3 hektar, terletak di Jalan Raya Tugu Proklamasi, Rengasdengklok. [3] Rencananya, rumah sakit ini akan memiliki enam lantai dengan kapasitas 126 tempat tidur.

"RSUD Rengasdengklok akan dilengkapi instalasi pengolahan air limbah, kamar jenazah, instalasi pemeliharaan sarana dan prasarana rumah sakit, masjid, kantin, ruang pengembangan, power house, serta tempat parkir yang mampu menampung ratusan kendaraan roda empat dan roda dua," jelas Aang. 

Selain itu, RSUD Rengasdengklok juga akan menyediakan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk instalasi gawat darurat, ruang rawat inap, ruang rawat jalan, dan ruang pelayanan hemodialisa.

"RSUD Rengasdengklok diharapkan menjadi rujukan bagi 15 puskesmas yang berada di wilayah utara Karawang," kata Aang. 

BACA JUGA:Gelombang Dukungan ASIH Mengalir Deras, Kali Ini dari Laskar BKMB Bhagasasi

BACA JUGA:Jika Terpilih, Dani-Romli Janjikan Serius Tanggapi Masalah Kesehatan Mental pada Masyarakat

Sementara itu, terkait progres pembangunan, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Neni Rosnani, mengungkapkan bahwa pada pekan ke-49, yang berlangsung dari 21 hingga 27 Oktober 2024, pembangunan RSUD Rengasdengklok telah mencapai 76,117 persen.

"Ada sisa 66 hari kerja lagi. InsyaAllah selesai sesuai target," ujar Neni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: