Kuliner Legenda 90an di Karawang, Bakso Inong Tetap Konsisten Hidangkan Daging Sapi Segar

Rabu 09-08-2023,15:52 WIB
Reporter : Rizki Andika
Editor : Rizki Andika

KARAWANG- Bakso atau baso siapa yang tidak tau dengan makanan satu ini. Baso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. 

 

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, tauge, tahu, terkadang telur lalu ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. 

 

Di Karawang, salah satu pedagang bakso yang cukup lumrah yakni Bakso Inong yang berdiri sejak 1982 dengan berkeliling di sekitaran Kota Karawang yang sekarang memiliki beberapa kios di sejumlah titik menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi. 

 

BACA JUGA:Fantastis, Estimasi Biaya Olahraga Berkuda di Indonesia Ternyata Segini, Wajar Jadi Berkelas dan Elegan

 

Pemilik utama Bakso Inong, Inong mengatakan Bakso di kiosnya dulu sempat merasakan penjualan bakso dari harga Rp. 100 pada tahun ia pertama berjualan hingga sampai sekarang Rp 14.000 per mangkuknya. 

 

"Pertama kali mempunya cabang pda tahun 1994, yang berlokasi di lampu merah Johar Karawang, dan satu cabang lagi di Pasar Johar karawang," kata Inong kepada KBE. 

 

Inong menuturkan, bakso yang dijualnya menghidangkan dengan daging sapi segar yang baru dipotong dan murni tanpa menggunakan bahan campuran. Semuanya digunakan dengan bahan-bahan segar untuk disajikan kepada pembeli. 

 

Kategori :