KPPI Karawang Targetkan 50 Persen dari Jumlah DCT Perempuan Untuk Dapat Duduki Kursi DPRD

Rabu 22-11-2023,19:00 WIB
Reporter : Ilham Prayogi
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANG BEKASI DISWAY - Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Karawang menargetkan 50 persen dari jumlah DCT perempuan untuk dapat menduduki kursi anggota DPRD Kabupaten Karawang. 

Untuk mencapai angka tersebut KPPI Kabupaten Karawang mengadakan kegiatan "Capacity Building" demi meningkatkan kesiapan para politikus perempuan yang akan mengikuti kontestasi Pemilu 2024.

Ketua KPPI Kabupaten Karawang, Sri Rahayu Agustina mengatakan, acara digelar bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembekalan kepada para politikus perempuan, terutama yang akan maju di Pemilu 2024. 

BACA JUGA:Hindari Kerusuhan! Pertandingan Dewa United vs Persib Bandung Bakal Digelar Tanpa Penonton

"Kami di sini menghadirkan narasumber, yaitu Ketua KPU Karawang, adalah untuk memberikan pembekalan dan memastikan kesiapan caleg perempuan di Pemilu 2024," ujar Sri Rahayu, Rabu, 22/11/2023.

KPPI sendiri, kata Sri Rahayu, merupakan wadah konsolidasi bagi perempuan untuk memperkuat kesetaraan gender serta mempersatukan para politikus perempuan dari berbagai parpol yang ada di Karawang.

"Jadi di sini kami (anggotanya) lintas parpol. Tujuannya untuk mengedepankan suara perempuan. Jadi, perempuan itu bukan hanya untuk memenuhi kuota perempuan saja. Tetapi, perempuan itu benar-benar memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk dapat bersaing dan mengabdi kepada masyarakat," kata Sri Rahayu, yang juga anggota Fraksi Golkar DPRD Jabar.

BACA JUGA:Gregoria Mariska Tunjung Sukses Rebut Tiket 16 Besar di China Masters 2023

Sri Rahayu menjabarkan, politikus perempuan di Karawang sebenarnya memiliki kesempatan besar untuk meraih suara di perhelatan Pemilu 2024. Sebab, pemilih tetap di Karawang didominasi oleh kalangan perempuan.

"Tinggal bagaimana mengolah dan bisa mengembangkan diri. Saat ini, politisi perempuan di DPRD Karawang sudah ada 14 kursi. Target kami bisa mencetak legislator perempuan di DPRD Karawang sebanyak 50 persen dari DCT pada Pemilu 2024 atau 25 kursi," kata sosok yang pernah menjadi Wakil Ketua DPRD Karawang ini.

Diketahui, jumlah perempuan yang menjadi DCT pada Pemilu 2024 ada 255 orang dari total DCT 690 orang. 

BACA JUGA:Ratusan Siswa SDN Pusakajaya Utara 3 Antusias dengan Perpustakaan Apung yang Dilaunching Kapolres Karawang

Jadi, kata dia, jumlah calon legislator dari perempuan ada sekitar 36,9 persen. Sehingga target 50 persen tersebut harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh dan penuh kerja keras.

Di Pemilu 2019, jelas Sri Rahayu, angka keterwakilan di legisoatif dari perempuan baru 28 persen. 

Kategori :