Aneka Jenis Jeruk Manis dari Seluruh Dunia, Ada Jeruk Siam sampai Tangalo

Kamis 18-07-2024,20:06 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

Jeruk mandarin termasuk dalam kelompok buah jeruk berkulit kendur dengan ukuran buah berbentuk pipih relatif kecil. Jeruk ini sebenarnya merupakan anak hasil persilangan antara buah mandarin dan pomelo. Jeruk Mandarin bercitarasa manis dengan sedikit pahit meski tidak sepahit jeruk bali. 

Meski ukurannya kecil dan manis kulit dari jeruk manis mudah dikupas. Membuat jeruk yang satu ini cocok banget buat dijadiin topping salad ataupun camilan. Daginya yang kecil dan tanpa biji membuat jeruk ini nyaman untuk dipanggang. Namun, buah mandarin tergolong sebagai buah musiman, kamu Cuma bisa menemuinya di bulan Januari hingga bulan Mei. 

Kalau kamu ingin makan buah mandarin selain di bulan tersebut, jangan khawatir kamu bisa menemukannya dengan instant karena jeruk mandarin sering diolah menjadi buah kupas kalengan atau sirup.

 

3. Jeruk Siam


Jeruk Siam--

Punya nama yang mirip dengan unsur budaya China, ternyata jeruk siam dan jeruk mandarin itu sepupuan lohh… Tapi, meskipun mereka sodaraan dan sering dikelompokkan dalam keluarga yang sama Jeruk mandarin dan jeruk siam adalah dua jenis jeruk yang berbeda. Secara teknis, jeruk siam termasuk jenis mandarin dan merupakan "sepupu" dekat dari clementine. Perbedaan utama antara clementine dan jeruk siam adalah bahwa clementine tidak berbiji, sedangkan jeruk siam memiliki biji. 

Berasal dari keluarga yang sama, jeruk Siam juga beukuran kecil bahkan lebih kecil dari jeruk mandarin. Jeruk siam punya rasa yag manis, dan kulit yang mudah dikupas dibandingkan dengan jeruk biasa yang berukuran lebih besar dan lebih asam. Hal ini membuat jeruk siam cocok untuk camilan, jus, kue, hingga salad. Namun, jeruk siam hanya panen di bulan tertentu, yakni di bulan November hingga Mei.

 

4. Jeruk Clementine


Jeruk Clementine --

Gak kalah kecil dari buah siam dan buah Mandarin, perkenalkan ini buah Jeruk Clementine. Jeruk clementine memiliki bentuk yang menggemaskan karena kecil, manis, dan tidak berbiji. Punya ukuran yang kecil, manis dan tanpa biji membuat siapapun suka dengan jeruk yang satu ini, di laur negeri orang orang suka mengkonsumsi jeruk yang satu ini untuk menemani makan siang mereka. 

Sama seperti jeruk siam, jeruk clementine juga mudah dikupas karena kulitnya yang tipis. Secara teknis, jeruk clementine adalah hasil persilangan antara jeruk mandarin willowleaf dan jeruk manis. Rasa manisnya yang unik seperti madu dengan keasaman yang rendah membuatnya sangat digemari. Cocok banget buat dijadiin camilan, dipanggang, atau dijadikan salad, dan biasanya segar dari November hingga Januari.

 

5. Jeruk Tangelo

Kategori :