Cara Paling Tepat Menyikapi Teman Yang Punya Sifat Narsistik

Kamis 25-07-2024,20:30 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-Self-love atau mencintai dri sendiri menjadi hal penting bagi setiap individu karena bisa membantu mereka untuk belajar menerima dan menghargai diri sendiri. Melalui self-love, kita juga diajarkan untuk bersyukur dan menyadari bahwa kita berharga tanpa terpengaruh oleh penilaian orang lain. 

Namun, kadang kala kecintaan kita dengan diri sendiri membuahnya tampak berlebihan sampai bisa menimbulkan sifat egois dan keyakinan bahwa diri sendiri selalu benar. Tentu hal ini jadi sifat buruk yang harus dihindari karena Perasaan cinta diri yang ekstrem juga bisa mengarah pada perilaku narsistik.

Apa Itu Nartistik?

Nartistik adalah gangguan kepribadian mental yang membuat siapapun pengdapnya merasa jika dirinya sangat penting dan harus dikagumi. Selain perasaan kagum, orang nartistik juga suka percaya diri secara berlebihan. Mereka selalu merasa jika dirinya lebih baik ketimbang orang lain. 

Pengidap akan menganggap jika dirinya punya kepentingan lebih tinggu dari orang lain. Namun mereka cenderung lebih mudah tersinggung dan mudah mengalami depresi saat mendapat kritikan 

 

Cara menghadapi Teman Yang Punya Sifat Narsistik

Untuk lebih lanjut dalam menghindari sifat narsistik dan membangun hubungan yang sehat, berikut adalah beberapa langkah tambahan yang bisa diambil:

1. Cari cara terbaik untuk mengurangi Sifat Nartistik 

Ajaklah teman dekat atau anggota keluarga yang kamu percayai untuk memberikan umpan balik yang konstruktif tentang perilakumu. Mereka dapat memberikan pandangan yang objektif dan membantu kamu menyadari area-area yang mungkin perlu diperbaiki.

 

2. Baca Ilmu Psikologi 

Mempelajari psikologi, terutama tentang perilaku narsistik dan pengembangan diri, dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana cara menghindari sifat narsistik dan membangun diri dengan lebih baik. Buku dan artikel tentang pengembangan diri dan hubungan interpersonal bisa sangat membantu.

Kategori :