5+ Cara Atasi Ketombe dengan Bahan Alami yang Patut Kamu Coba!

Jumat 26-07-2024,21:39 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

 

Minyak kelapa dikenal karena berbagai manfaat kesehatannya, termasuk sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe.

 

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit, mencegah kekeringan, dan mengurangi peradangan ketika digunakan sebagai pelembab. Sebuah studi selama 8 minggu menemukan bahwa mengoleskan minyak kelapa ke kulit dapat mengurangi gejala dermatitis atopik sebesar 68%.

 

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu memperbaiki mikrobioma kulit kepala dan mengurangi penanda ketombe tertentu.

 

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan sifat antimikroba minyak kelapa, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami efeknya pada strain jamur penyebab ketombe.

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Rambut Rontok Karena Stres, Ternyata Banyak Macamnya!

 

Cuka Sari Apel

 

Cuka sari apel memiliki berbagai manfaat kesehatan dan bisa digunakan sebagai obat alami untuk ketombe. Keasaman cuka dapat membantu merangsang pelepasan sel kulit mati di kulit kepalamu dan menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur.

 

Meskipun belum ada penelitian yang mendukung klaim ini, banyak manfaat cuka sari apel untuk ketombe didasarkan pada bukti anekdotal. Kamu bisa mencoba menambahkan beberapa sendok makan cuka sari apel ke sampo atau mengombinasikannya dengan beberapa tetes minyak esensial dan menyemprotkannya langsung ke rambut.

 

Aspirin

 

Asam salisilat, salah satu senyawa utama dalam aspirin, memiliki sifat anti-inflamasi. Asam ini juga merupakan bahan dalam banyak sampo anti ketombe dan bisa membantu menghilangkan kulit bersisik serta mengendurkan serpihan.

 

Dalam sebuah penelitian selama 4 minggu, 19 orang dengan ketombe menggunakan sampo yang mengandung piroctone olamine dan asam salisilat atau zinc pyrithione. Kedua sampo tersebut mengurangi ketombe, namun sampo yang mengandung asam salisilat lebih efektif dalam mengurangi keparahan kerak.

 

Penelitian kecil lainnya menunjukkan bahwa sampo yang mengandung asam salisilat secara signifikan mengurangi iritasi dan gatal pada 10 orang dengan peradangan kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe, kamu bisa menghancurkan dua tablet aspirin dan menambahkan bubuknya ke sampo sebelum mencuci rambut.

Minimalkan Tingkat Stres

 

Stres memengaruhi banyak aspek kesehatan, termasuk kondisi kronis dan kesehatan mental. Meskipun stres sendiri tidak menyebabkan ketombe, stres bisa memperburuk gejala seperti kulit kering dan gatal-gatal.

 

Stres jangka panjang dapat mengubah atau menekan aktivitas sistem kekebalan tubuh, yang bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi jamur dan kondisi kulit yang menyebabkan ketombe. Dalam sebuah penelitian terhadap 166 orang dengan dermatitis seboroik, sekitar 28% melaporkan bahwa stres adalah pemicu gejala mereka.

 

Kamu bisa mengendalikan tingkat stres dengan berbagai teknik seperti meditasi, yoga, dan pernapasan dalam.

 

Dengan memanfaatkan cara-cara alami ini, kamu bisa mengatasi ketombe dengan lebih praktis dan mungkin sama efektifnya dengan produk komersial.

Kategori :