Moms Simak Tips Meningkatkan Percaya Diri Anak agar Berani Tampil

Minggu 25-08-2024,23:08 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

Beri apresiasi atas usaha anak saat si Kecil berusaha melakukan atau mencapai sesuatu, terlepas dari hasil akhirnya. Penting bagi orang tua untuk mengakui setiap usaha yang dilakukan anak untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini bertujuan untuk menjaga motivasi anak agar terus berusaha mencapai hal-hal yang diinginkan.

 

Meskipun hanya dengan ungkapan sederhana seperti "Bagus sekali, Nak!" atau "Semangat, sayang!", ungkapan tersebut dapat memperkuat harga diri anak dan membangun rasa percaya diri yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

 

Selain itu, anak juga akan menyadari bahwa proses yang dilalui dalam mencapai tujuan memiliki nilai yang sama pentingnya dengan hasil akhirnya.

 

Mendorong anak untuk menampilkan hasil karyanya di rumah, baik itu karya seni, tulisan, atau proyek sekolah lainnya, juga dapat membantu anak membangun rasa percaya diri. Moms bisa mengajak anak untuk bercerita tentang pengalaman dan proses kreatif yang terlibat dalam membuat karya tersebut. 

 

Hal ini merupakan komunikasi yang penting antara orang tua dan anak untuk membantu anak mengembangkan kepercayaan diri terhadap kemampuan dan kreativitas mereka.

BACA JUGA:Mulai Bilang Tidak, Begini Cara Ubah Pola Asuh Permisif yang Bisa Moms Lakukan

 

Memberikan kesempatan untuk menjelajahi lingkungan

 

Memberikan kebebasan kepada anak untuk menjelajahi lingkungan sekitar merupakan hal yang baik, namun sebagai orang tua, siaplah memberikan respons jika mereka memerlukan bantuan.

 

Contohnya, jika anak tertarik dengan seekor semut di halaman rumah, namun merasa takut saat semut itu mendekat, mereka mungkin membutuhkan bantuan untuk mengatasi ketakutannya. Sebagai orang tua, saat itulah Moms harus hadir untuk menenangkan mereka dengan memberi pengertian bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kategori :