Newborn Mom Wajib Konsumsi Ini! 8+ Buah untuk Memperlancar ASI bagi Ibu Menyusui

Selasa 24-09-2024,14:07 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.ID - Nutrisi selama menyusui sangat penting, termasuk asupan buah-buahan. Saat menyusui, ibu tentu ingin menjaga kesehatan dan memastikan produksi ASI tetap lancar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis buah apa saja yang baik dikonsumsi selama menyusui.

Ibu menyusui dianjurkan untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang, termasuk mengonsumsi setidaknya 2 porsi buah per hari. Buah-buahan merupakan sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang dapat mendukung kesehatan ibu dan membantu meningkatkan produksi ASI.

Apa saja buah untuk memperlancar ASI bagi Ibu menyusui? 

BACA JUGA:Jangan Berlebihan, Ini Manfaat dan Bahaya Empeng bagi Bayi yang Moms Harus Tahu!

Rekomendasi Buah untuk Memperlancar ASI

Berikut adalah beberapa buah yang bermanfaat bagi ibu menyusui:

Blueberry

Blueberry adalah pilihan yang baik karena kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat. Buah ini juga mengandung karbohidrat yang membantu menjaga stamina. Blueberry dipercaya dapat mengurangi risiko depresi pascamelahirkan, sehingga membantu ibu tetap sehat dan mendukung produksi ASI.

Jeruk

Jeruk sering dianggap tidak aman karena rasanya yang asam, namun sebenarnya jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh ibu dan bayi.

Jeruk juga memberikan energi tambahan selama menyusui dan membantu penyerapan zat besi lebih optimal. Meskipun demikian, jika bayi mengalami kembung setelah ibu mengonsumsi jeruk, sebaiknya batasi jumlahnya.

Pepaya

Pepaya hijau diketahui dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin yang berperan dalam produksi ASI, meskipun efek ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Lebih aman mengonsumsi pepaya matang karena mengandung vitamin A dan zat besi yang bermanfaat.

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B, folat, vitamin C, dan asam oleat, menjadikannya sumber energi yang baik bagi ibu menyusui dan bermanfaat untuk kesehatan ibu dan bayi.

Kategori :