Newborn Mom Wajib Konsumsi Ini! 8+ Buah untuk Memperlancar ASI bagi Ibu Menyusui

Selasa 24-09-2024,14:07 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

BACA JUGA:Tips Mengatasi Kepala Peyang pada Bayi, Lakukan Ini Moms!

Aprikot

Aprikot bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI karena mengandung fitoestrogen yang mendukung kinerja hormon penghasil ASI. Aprikot juga kaya akan kalsium, kalium, vitamin A, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Buah ini biasanya dijadikan camilan kering yang mudah dikonsumsi.

Kurma

Kurma dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin yang merangsang produksi ASI. Selain itu, kurma mengandung zat besi dan vitamin B6 yang penting bagi ibu menyusui.

Buah Naga

Buah naga aman dikonsumsi oleh ibu menyusui karena kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh ibu dan bayi dari virus serta radikal bebas.

Ibu tidak perlu khawatir jika feses atau urin bayi berubah warna menjadi kemerahan karena ini hanyalah efek dari konsumsi buah naga dan tidak berbahaya.

Pisang

Pisang adalah sumber kalium yang tinggi dan sangat bermanfaat selama menyusui. Buah ini membantu memperlancar produksi ASI, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Selain itu, pisang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh ibu. Ibu bisa mengonsumsi sekitar 2 pisang berukuran sedang per hari untuk mendapatkan kalium yang cukup. 

Apel

Apel adalah buah yang bagus untuk melancarkan pencernaan bayi dan meningkatkan stamina ibu selama menyusui. Apel juga kaya akan nutrisi yang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian ibu dan bayi, sehingga baik dikonsumsi secara rutin.

Itulah beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi selama menyusui. Ibu dapat mengonsumsinya secara bergantian, misalnya hari ini makan pisang dan alpukat, lalu esoknya kurma dan blueberry. Buatlah jadwal konsumsi buah sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan.

Ibu menyusui tetap perlu menjaga keseimbangan nutrisi. Jika ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis buah dan makanan apa yang paling baik dikonsumsi.

Kategori :