Sering Terjadi, Ini Dampak Insomnia Bagi Ibu Hamil yang Harus Moms dan Dads Tahu

Rabu 25-09-2024,20:10 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

Kondisi insomnia saat hamil, jika tidak segera Ibu obati dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Seperti tekanan darah tinggi dan kesulitan tidur setelah persalinan. Hal tersebut juga dapat membuat ibu lebih rentan terhadap depresi setelah melahirkan.

BACA JUGA:6 Cara Menyamarkan Bekas Luka Jahitan Pasca Operasi, Jadikan Penampilanmu Lebih Percaya Diri

 

Penyebab insomnia pada ibu hamil

 

Mulas pada perut

 

Seringkali ibu hamil mengalami masalah pencernaan akibat perubahan hormon selama kehamilan, sehingga dapat menyebabkan rasa mulas dan mengganggu tidur.

 

Untuk mengatasi mulas pada ibu hamil, ada beberapa tindakan yang bisa Ibu ambil, seperti menghindari makan dalam dua jam sebelum tidur, terutama makanan dengan rasa pedas.

 

Posisi tidur yang berbeda seperti tidur miring ke kiri juga dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan mengurangi ketidaknyamanan.

 

Bayi yang aktif bergerak pada malam hari

 

Selanjutnya, gerakan aktif bayi dalam kandungan bisa membuat ibu hamil terbangun dari tidur. Hal ini dapat menyebabkan insomnia. Bayi seringkali aktif pada malam hari, mulai dari tendangan hingga berputar dalam rahim ibu.

 

Terkadang, gerakan bayi yang kuat, terutama jika diarahkan ke arah tulang rusuk, dapat membuat ibu bangun dan merasa tidak nyaman.

Kategori :