Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Jika Kamu Tersesat di Gunung

Jumat 11-10-2024,10:05 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

4. Buat Tanda di Sekitar

Jika harus bergerak, tinggalkan tanda-tanda yang jelas seperti batu atau ranting yang disusun, atau pita yang diikat pada dahan pohon, sehingga tim penyelamat atau orang lain bisa mengikuti jejak kamu.

5. Cari Tempat Berteduh

Lindungi diri dari cuaca ekstrem seperti angin kencang, hujan, atau suhu dingin. Bangun Tempat Berteduh Sederhana. Gunakan ranting atau daun untuk membangun perlindungan dari hujan atau angin. Pilih Tempat yang Aman. Hindari daerah yang rawan longsor atau terlalu dekat dengan air.

6. Hemat Energi dan Perlengkapan

Minum air secara teratur, namun jangan berlebihan jika persediaan terbatas. Coba untuk membaginya sebagai bahan cadangan logistik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Konsumsi makanan dengan bijak untuk menjaga energi. Ketika kamu akan mendaki gunung, bawalah makanan-makanan manis yang dapat menjadi sumber energi kalian ketika kalian kelelahan. Bawa cokelat atau air minum manis.

Matikan alat elektronik yang tidak diperlukan untuk menghemat baterai. Berhematlah ketika menggunakan alat elektronik yang menggunakan baterai.

7. Buat Sinyal Darurat

Jika kamu berada di tempat yang terbuka, buat sinyal darurat yang bisa dilihat dari jarak jauh. Nyalakan api besar jika memungkinkan. Gunakan bahan seperti daun kering atau ranting untuk membuat asap tebal. Gunakan benda yang memantulkan cahaya seperti cermin atau permukaan logam untuk menarik perhatian tim penyelamat. Buat tanda SOS besar di tanah dengan batu, ranting, atau benda lain yang kontras dengan lingkungan sekitar.

8. Gunakan Perangkat Komunikasi

Jika ada sinyal, segeralaj hubungi layanan darurat atau orang terdekat. Jika membawa radio komunikasi, cobalah mengirim sinyal untuk meminta bantuan. Pergilah ke daerah yang memiliki lapangan yang luas agar sinyal mudah tertangkap.

9. Jangan Lupa Menggunakan Akal Sehat

Selalu periksa apakah tindakan yang akan diambil berisiko tinggi atau aman. Dengarkan suara air atau tanda-tanda lain yang bisa membantu mengarahkan kamu untuk bergegas pergi ke jalan yang benar.

10. Tunggu Bantuan

Kategori :