Inilah Budaya dan Kesenian Kota Bekasi, Percampuran Betawi-Sunda yang Unik

Inilah Budaya dan Kesenian Kota Bekasi, Percampuran Betawi-Sunda yang Unik

Inilah Budaya dan Kesenian Kota Bekasi--

BEKASI,karawangbekasi.disway.id-  Inilah budaya dan kesenian Kota Bekasi. Anda mungkin sudah banyak tahu, Kota  Bekasi merupakan salah satu kota yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Tapi di kota ini budanya cukup unik.

 Inilah budaya dan kesenian Kota Bekasi. Kota Bekasi merupakan kota penyanggah Jakarta, berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra Industri, banyak sekali orang yang merantau dari desa dan menetap di Bekasi.

Karena Bekasi merupakan salah satu kota yang dekat dengan Jakarta menjadikan Bekasi sebagai salah satu tujuan untuk mencari pekerjaan yang dimana sudah banyak sekali perindustrian yang di bangun di daerah Bekasi ini. Di bawah ini budaya dan kesenian Kota Bekasi yang mungkin sudah anda kenal.

Sebagai kota yang berdekatan dengan Jakarta dan sebagai bagian dari Jawa Barat, banyak sekali Budaya yang berpadu di dalam Bekasi ini, seperti bahasa yang digunakan merupakan percampuran antara bahasa bahasa Betawi dan Sunda. 

Begitu pula dengan keragaman dari kesenian traditional yang ada di Bekasi. Beberapa kesenian traditional yang ada di bekasi antaranya adalah.

BACA JUGA:Dewan Minta Disdik Kota Bekasi Miliki Panduan Jelas Soal Penempatan Guru

1. Tari Topeng Bekasi

Kesenian tari topeng di bekasi merupakan salah satu kesenian yang banyak penggemarnya, didalam tari topeng bukan hanya menampilkan swni tari saja, melainkan terdapat unsur musik, seni vokal dan lawakan lawan yang terdapat didalam tari topeng itu.

Biasanya tari topeng ini terdapat pada acara acara pernikahan, sunatan dan acara acara akbar lainnya.

 

2. Tradisi Berebut Dandang

Tradisi Berebut dandang ini hampir sama dengan kesenian palang pintu khas Betawi, yang didalamnya terdapat seni bela diri silat dan berbalas pantun.

Tradisi ini utamanya untuk acara perkawinan khas Bekasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: