JIM Perkuat Sport Tourism Jabar

JIM Perkuat Sport Tourism Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melepas peserta Jabar International Marathon (JIM) 2022 di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Minggu (20/11/2022).-Biro Adpim Jabar-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Jabar International Marathon (JIM) 2022 di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, menjadi sport tourism, dalam memperkuat pariwisata, Minggu (20/11/2022).

"Ini adalah olahraga maraton yang merupakan kesekian kalinya untuk mempromosikan Jawa Barat di setiap akhir tahun," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas peserta Jabar, pada Minggu (20/11/2022) 

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil, mengatakan, JIM merupakan salah satu upaya Pemda Provinsi Jabar mempromosikan wisata Jabar melalui sport tourism. Acara tersebut digelar secara rutin di akhir tahun.

"Jadi acara ini digelar di Pangandaran untuk menguatkan sport tourism, pariwisata yang berhubungan dengan olahraga," imbuhnya.

Peserta JIM mengalami peningkatan setiap penyelenggaraannya. Tahun ini, katanya, peserta yang berjumlah sekitar 2.000 orang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Setiap tahun kita sempurnakan, dan pesertanya kurang lebih dua ribuan di tahun ini, yang mengikuti dari seluruh Indonesia," kata Kang Emil.

"(Peserta) Ini dari seluruh Indonesia. Dari Sumatera ada, dari Bali, dari Kalimantan, dari mana-mana," tambahnya.

Meski peserta terus bertambah, Kang Emil tetap menargetkan capaian peserta yang lebih baik lagi hingga melibatkan pelari-pelari dari luar negeri. Ia berharap, JIM akan menjadi salah satu sport tourism paling dinantikan di dunia.

"Kita targetnya suatu hari internasional, pelari-pelari dari luar negeri pun suatu hari akan ikut dan akhirnya menjadi sebuah peristiwa yang legendaris, olahraga di Jabar," harapnya.

Tema JIM tahun ini adalah “Berlari Menuju Indonesia Juara”. Adapun kategori yang dilombakan adalah 42K (marathon), 21K (half marathon), 10K, 5K dan 5K Pelajar pada pilihan in person/offline race. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait