Ada 7 Klaster Menjadi Fokus Pengamanan Posko Dishub Jabar

Ada 7 Klaster Menjadi Fokus Pengamanan Posko Dishub Jabar

Pos pengamanan Polres Karawang--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Perhubungan Provinsi Jabar menyiapkan 283 posko selama libur natal dan tahun baru.

Posko Dishub belum termasuk posko yang didirikan kepolisian/TNI dan instansi lain.

“Itu tersebar di seluruh wilayah Jabar, terutama di daerah-daerah rawan kemacetan, seperti di daerah wisata,” ujar Kadishub Jabar A. Koswara di Bandung, pada Rabu (21/12/2022).

BACA JUGA: Kang Emil Ingatkan Bupati/Wali Kota Akselerasi Provinsi Digital Jawa Barat

Menurutnya, ada tujuh klaster yang menjadi fokus pengamanan. Selain menjadi tempat tujuan dan perlintasan mudik nataru, di tujuh klaster tersebut juga terdapat banyak tempat wisata yang kemungkinan besar akan diserbu wisatawan. 

Ketujuh klaster itu yakni kawasan Puncak, Palabuhan Ratu, Lembang - Ciater, Ciwidey - Pangalengan, Garut, Kuningan, Pangandaran. 

BACA JUGA: Demo DPRD, Massa Aksi Tuntut Pencopotan Plt Wali Kota Bekasi

“Melihat pergerakan orang, maka wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Pangandaran menjadi wilayah yang tertinggi pergerakan orangnya,” sebut Koswara.

Koswara menjelaskan, fungsi posko yang didirikan Dishub Jabar terutama untuk koordinasi dengan perangkat daerah lain Dinas Bina Marga dan Perumahan Rakyat, serta instansi vertikal seperti kepolisian. Terutama jika terjadi bencana yang menghambat arus lalu lintas.

BACA JUGA: Khusus Warga Jabar, Ingin Memperbarui STNK Masuk Daftar Blokir Tinggal klik Disini

"Jika terjadi kemacetan, maka langkah-langkah yang dilakukan antara lain pemberantasan satu arah, menerjunkan lebih banyak personel bekerja sama dengan polisi," jelasnya.

Untuk mengurangi kemacetan saat puncak arus mudik nataru, Dishub akan membatasi jam operasional kendaraan pengangkut barang. 

BACA JUGA: Tragis, Warga Meranti Tewas Diterkam Harimau saat Melakukan Aktivitas Ilegal di Hutan

Yaitu mulai 22 - 26 Desember 2022 sampai puncak natal, kemudian 29 Desember 2022 - 2 Januari 2023 sampai puncak tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: