Peringatan Hari BUMDes 2023 Dilaksanakan di Kepri, Bakal Hadir 1000 Peserta

Peringatan Hari BUMDes 2023 Dilaksanakan di Kepri, Bakal Hadir 1000 Peserta

Lokasi desa untuk dijadikan tempat peringatan Hari BUMDes 2023 yang ada di Kabupaten Bintan di Teluk Sebong, Ekang Anculai-foto ist-

karawangbekasi.disway.id -- Pertama, Peringatan Hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) tingkat Nasional 2023 digelar, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pelaksanaan Hari BUMDes perdana itu akan digelar disalah satu desa di wilayah Pulau Bintan.

Saat ini Pemerintah Provinsi Kepri telah menyiapkan tempat di salah satu desa di Kabupaten Bintan tepatnya di Teluk Sebong, Jl. Jendral Sudirman Jl. Kp. Pereh, Ekang Anculai, Sukoharjo, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Rencananya akan dihadiri oleh seribuan peserta terdiri dari kepala dinas desa di setiap wilayah.

Peringatan Hari BUMDes kali pertama tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 yang jatuh setiap tanggal 2 Februari.

Plt. Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri, Misni, melalui keterangan resmi pada Sabtu 28 Januari 2023 sebagaimana dirilis Diskominfo Kepri membenarkan bahwa Peringatan Hari BUMDes 2023 akan dipusatkan di Kabupaten Bintan. 

BACA JUGA:Modus Link Undangan Nikah Digital, Bisa Curi Data Pribadi Via WhatsApp, Waspadalah!

"Kepri resmi ditunjuk menjadi tuan rumah untuk tahun pertama. Dan mulai tahun depan akan dilaksanakan bergiliran se-Indonesia, "ujar Misni.

Menurutnya penunjukan Kepri sebagai tuan rumah karena Kemendes PDTT memandang wilayah Bumi Segantang Lada itu memiliki potensi yang sangat mendukung.

BACA JUGA:Ratusan Jemaah Umrah dari Travel Duta Kreasi Global Masih Telantar di Pesantren Ahsanul Halim Kota Bandung

Kepri merupakan kawasan berbatasan langsung dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia. 

"Ini memberikan kesempatan untuk pemasaran terkait dengan hasil-hasil desa melalui BumDesa, "ujar Misni.

BACA JUGA:Bogor KLB Campak, Tri Adhianto: Kasus Campak di Kota Bekasi Terbilang Kecil

Hal lainnya adalah status Kepri yang menjadi salah satu daerah destinasi wisata mancanegara utama. Untuk itu diharapkan Kemendes PDTT dapat menjadi jembatan promosi bagi produk-produk desa.

Diketahui bahwa akan hadir tiga menteri dalam peringatan Hari BUMDes 2023, ketiganya menteri itu adalah Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

BACA JUGA:Di Pebayuran Ada SMK Kesehatan Kepribadian dengan Fasiltas Super Lengkap, Kini Sudah Buka Pendaftaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: