Tasyakuran Nelayan 6 Muara di Tarumajaya, Pak Uu : Potensi Laut Utara Bekasi Dapat Gerakkan Perekonomian

Tasyakuran Nelayan 6 Muara di Tarumajaya, Pak Uu : Potensi Laut Utara Bekasi Dapat Gerakkan Perekonomian

Tasyakuran Nelayan 6 Muara Pangkalan Pendaratan Ikan Pal Jaya (PPI Pal Jaya) di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Minggu (29/1/2023). --

karawangbekasi.disway.id - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi para nelayan sebagai pahlawan dalam memenuhi ketersediaan ikan yang merupakan makanan kaya protein dan gizi bagi masyarakat di Jabar, terutama Kabupaten Bekasi

Menurutnya Kabupaten Bekasi memiliki potensi di sektor perikanan. Aktivitas dan hasil tangkap para nelayan dapat menggerakkan perekonomian, khususnya di sektor kuliner. 

“Ini anugerah, banyak pesisirnya sehingga banyak potensi perikanan yang dimanfaatkan oleh insan-insan di sekitar laut,” kata Pak Uu saat menghadiri Tasyakuran Nelayan 6 Muara Pangkalan Pendaratan Ikan Pal Jaya (PPI Pal Jaya) di  Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Minggu (29/1/2023). 

BACA JUGA:Didemo Warga, Lokasi Sampah Liar di Tarumajaya Tutup Sementara

Dalam kesempatan itu Pak Uu merespon soal abrasi yang kerap terjadi di pesisir pantai Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Diketahui akibat adanya abrasi, jalan pesisir pantai yang kian mengecil.

Menurutnya dia, untuk mengurangi dampak abrasi yang meluas sepanjang muara harus ditanami mangrove. Masyarakat harus memiliki kesadaran juga tanpa dikomando, diperintah langsung tanam mangrove karena salah satu pencegahannya dengan pohon-pohonan 

BACA JUGA:Anies Hadiri Pesta UMKM di Tarumajaya dan Makan Durian Loji Karawang

Dia juga meminta agara kebersihan di sepanjang muara dijaga agar tidak ada sampah yang mengakibatkan dampak buruk bagi masyarakat sekitar.

Pria yang biasa di sapa Kang Uy itu, menyebut selain dengan cara menanam mangrove dapat dilakukan pengurukan di titik yang terjadi abrasi. 

BACA JUGA:Kapolsek Tarumajaya Ungkap Motif Pembunuhan di Danau Segara City, Ternyata Karena Cinta Segitiga

Namun, kata dia, dalam menangani persoalan tersebut harus berkolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan bahwa nelayan memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian di Kabupaten Bekasi. Apalagi, daerah pantai utara memiliki potensi perikanan yang cukup baik. 

“Oleh karena itu, para nelayan ini memiliki tradisi yang demikian kuat, di antaranya melalui syukuran ini,” ucap Dani.

BACA JUGA:Musrenbang, Camat Tarumajaya Tentukan 10 Usulan Prioritas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: