Kerja Sama Jabar-Korea Selatan Kembangkan Kota Metropolitan di Kawasan Rebana

Kerja Sama Jabar-Korea Selatan Kembangkan Kota Metropolitan di Kawasan Rebana

Sekretaris Komisi I DPRD Jawa Barat H. Sadar Muslihat,S.H menjadi pembicara studi atau kuliah lapangan mahasiswa Universitas Suryakancana, Bandung, Kamis (4/5/2023) (Humas DPRD Jawa Barat).--

KABUPATEN BANDUNG -  Kerja sama pengembangan kota metropolitan yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ulsan, Korea Selatan bisa berjalan baik dan menguntungkan kedua belah pihak. Terutamanya bagi Pemprov dan masyarakat Jabar. 

Kata Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Dr. H. Bedi Budiman di Kabupaten Bandung pada Rabu 3 Mei 2023.

“Kami sangat berharap penjajakan kerja sama luar negeri ini terwujud, bisa berjalan baik, dan memberikan keuntungan bagi Pemprov Jabar, khususnya masyarakat Jawa Barat,” harap dia. 

Selain itu, sambung Bedi, kerja sama dengan Korea Selatan tersebut diharapkan  mengakselerasi kemajuan berbagai pembangunan di Jabar. Salah satunya di bidang pengelolaan pelabuhan, sampah, bidang teknologi informasi dan transportasi yang diharapkan tidak hanya diterapkan untuk Kawasan Rebana, tetapi di kawasan lainnya. 

“Besar harapannya, kerja sama luar negeri dengan Korea Selatan di bidang pengembangan kota metropolitan ini bisa terealisasi, karena (salah satunya) kerja sama ini sangat strategis,” imbuh dia. 

Apalagi, kata Bedi, Ulsan merupakan wilayah yang paling maju di Korea Selatan. Sehingga penjajakan kerja sama luar negeri ini dinilai akan banyak membawa manfaat. 

Ulsan adalah kota metropolitan terbesar ketujuh di Korea Selatan dan kota terbesar kedelapan secara keseluruhan, dengan populasi lebih dari 1,1 juta jiwa. 

Sebelumnya Gubernur Ridwan Kamil juga menjelaskan keuntungan kerja sama dengan Jawa Barat. Hal itu berdasar dari posisi Indonesia yang berada di peringkat 16 ekonomi dunia. 

"Hari ini Indonesia  :ranking" 16 di Forum G20 dalam 30 tahun Indonesia akan menjadi "ranking: empat ekonomi terbesar di dunia," ungkapnya. 

Maka dari itu, Gubernur Ridwan Kamil menilai, kerja sama antar Jabar dan Ulsan bisa menghadirkan investasi yang luar biasa dalam pengembangan kota metropolitan. 

"Artinya, hari ini bisa bekerja sama, maka 30 tahun ke depan urusan investasi di Jawa Barat akan semakin sukses. Oleh karena itu saya membuka diri seluas-luasnya untuk apapun yang bisa dikerjasamakan, dan kami akan hadir memenuhi undangan untuk datang ke Korea Selatan," ungkap Gubernur.

"Mudah-mudahan kerja sama ini bisa berjalan dengan baik," tutupnya. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: