KPK Respon Kabar Hengki Kurniawan di Laporkan Atas Dugaan Jual Beli Jabatan

KPK Respon Kabar Hengki Kurniawan di Laporkan Atas Dugaan Jual Beli Jabatan

Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan.(Foto: Dok KPK)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID  -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespons kabar pelaporan yang dilakukan Aktivis Pemuda Bandung Barat terhadap Bupati Hengky Kurniawan ke lembaga antirasuah atas dugaan jual beli jabatan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bakal mengecek lebih dulu apakah laporan tersebut sudah masuk ke lembaga antirasuah.

 

"Kami akan cek terlebih dahulu. Prinsipnya, bila ada laporan masyarakat dimaksud," ujar Ali saat dikonfirmasi, Jumat (12/5).

 BACA JUGA:Hengki Kurniawan Dilaporkan Ke KPK Atas Dugaan Jual Beli Jabatan

Ia memastikan akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan lebih dahulu diverifikasi dan ditelaah oleh tim pengaduan.

 

"Termasuk apakah ada kewenangan KPK terkait materi laporan tersebut," tuturnya.

 

Sebelumnya, Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat, Bilal Al Fariz mengatakan Hengky melakukan pungutan terkait rotasi mutasi jabatan di lingkungan Pemda Bandung Barat. Ia berharap KPK segera menyelidiki dugaan tersebut berdasarkan laporan yang diserahkan.

 BACA JUGA:Terungkap Bos yang Ajak Staycation Karyawati Sempat Mohon Maaf

"Kami mendorong upaya penyidikan dan penyelidikan yang akan dilakukan KPK atas laporan kami terkait terjadinya korupsi rotasi, mutasi dan promosi yang dilakukan Hengky dan kroninya," ujar Agung di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/5).

 

Dalam laporan tersebut, Agung mengatakan rotasi mutasi jabatan tidak sesuai dengan aturan diantara staf pelaksana promosi ke eselon 4A.

 

Misal, seperti Kepala Seksi (Kasi) atau Kepala Sub Bagian (Subag) yang dipromosikan langsung menjadi eselon 3B atau 3A.

 BACA JUGA:Anas Urbaningrum Jadi Ketua Umum PKN, Gede Pasek: Bahwa Politik Bukan Haus Jabatan

"Kemudian dari eselon 4A ke eselon 3B, dari Kasi atau Subag ke jabatan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan Kepala Bidang (Kabid). Padahal tidak boleh dari eselon 4A langsung ke eselon 3A," ucapnya.

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.Id sudah mencoba menghubungi Hengky Kurniawan melalui pesan singkat. Hingga berita ini diturunkan yang bersangkutan belum memberikan respons.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: