Ayo ke Lombok, Menikmati Sensasi 'Birdwatching' di Taman Wisata Alam Kerandangan

Ayo ke Lombok, Menikmati Sensasi 'Birdwatching' di Taman Wisata Alam Kerandangan

menikmati sensasi "Birdwatching" di Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok, --

BACA JUGA:Hari Bhayangkara ke-77 Barengan Dengan Perayaan Dunia Simak Liputan Khusus Mendunia Ini

Terlebih tak berapa lama, BKSDA NTB melakukan kerja sama dengan Universitas Mataram untuk melakukan riset dan pendataan lebih jauh tentang keanekaragaman yang ada di TWA Kerandangan. 

"Saya juga terlibat di tim itu karena saya hafal kawasan pal batas, juga titik-titik pengamatan. Dari situ kita tahu sampai saat ini ada 56 jenis burung," ujar Wahyudi. 

Kini Wahyudi semakin paham dan mengetahui pola serta kebiasaan aktivitas hewan yang ada di dalam kawasan. Seperti beberapa waktu lalu saat tim kampanye Sadar Wisata Kemenparekraf diajak menjelajah TWA Kerandangan. 

BACA JUGA:Dari Kerajaan Sampai Bangsawan, Sejarah Kue Lapis Surabaya, dan Resep Toko Harimau Putih

Wahyudi dengan cekatan mendefinisikan jenis-jenis burung hanya dengan mendengar kicauannya. 

Di beberapa titik, Wahyudi meminta pengunjung untuk fokus memperhatikan pergerakan di sejumlah ranting. Ia menjelaskan, tak lama lagi akan ada pergerakan satu jenis burung. Dan benar saja, burung Cekakak Sungai terlihat melompat dan kemudian menghilang di ujung pohon. 

"Daerah sini memang kawasan dari burung itu, aktivitasnya di jam-jam ini (sore hari)," kata Wahyudi. BACA JUGA:Seribuan 'Content Creator' Siap Promosikan Pariwisata di Jabar BACA JUGA:Seribuan 'Content Creator' Siap Promosikan Pariwisata di Jabar

Wahyudi juga kerap kali akan melanjutkan untuk mengajak pengunjung ke titik pengamatan yang tak jauh dari jalur jalan setapak. Sedikit melewati sungai berbatu yang saat itu dalam kondisi kering, terdapat jaring hitam yang melintang. Wisatawan diminta untuk jongkok dan mengintip dari balik jaring. 

Wahyudi kemudian mengeluarkan suara-suara tertentu. Dalam suasana hening, tiba-tiba terdengar suara balasan yang begitu indah. Tak lama, satu jenis burung mendekat. Memperlihatkan eksotisme warna-warna bulunya yang indah. Sungguh pengalaman yang mengesankan. ***

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: