Tak Perlu Ke Salon, Tips Aman Mencukur Rambut Bayi

Tak Perlu Ke Salon, Tips Aman Mencukur Rambut Bayi

Tips Aman Mencukur Rambut Bayi (Pixabay: Pexels_-Pixabay: Pexels-

Sebelum mencukur rambut si Kecil pastikan tangan Ayah dan Ibu sudah bersih dengan mencucinya dengan sabun dan air mengalir. Selain itu, alat dan bahan yang digunakan juga harus dipastikan bersih.

Cara Mencukur Rambut Bayi dengan Aman

  • Langkah pertama, basahkan rambut bayi dengan kain lap basah, atau lapisi kulit kepala bayi dengan sampo khusus anak. Hal ini bertujuan agar rambut si Kecil lebih lemas sehingga akan memudahkan proses mencukur.
  • Potong rambut si Kecil dengan menjepit bagian rambut yang akan dipotong menggunakan jari. Kemudian potong sekit demi sedikit dengan panjang kurang lebih 1cm. 
  • Setelah pendek, jika Ayah dan Ibu ingin memotong habis rambut dengan menggunakan alat cukur, barulah potong menggunakan alat cukur.
  • Pastikan cukur rambut bayi dengan lembut dan hati-hati dari bagian atas kepala ke bagian bawah. Usahakan untuk menyelesaikan setiap bagian rambut sampai tuntas sebelum berpindah.
  • Setelah mencukur dari bagian atas ke bawah, bisa berganti arah dengan mencukur dari bagian bawah ke atas. Hal ini bermaksud untuk merapikan sisa-sisa rambut yang tertinggal.
  • Setelah selesai, memandikan bayi dengan air hangat, jangan lupa untuk memberinya sampo khusus untuk anak, agar kulit kepalanya bersih dari sisa-sisa rambut yang sudah dipotong.

Itulah beberapa tips dan cara mencukur bayi agar tetap aman yang bisa Ayah dan Ibu ikuti. Jika Ayah dan Ibu masih ragu dan takut untuk memotong rambut bayi sendiri, sebaiknya bawa si Kecil ke salon untuk dicukur.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: