Ada Beberapa Bayi Terlantar, yang Mau Adopsi Silahkan Datang ke Dinsos Kabupaten Bekasi

Ada Beberapa Bayi Terlantar, yang Mau Adopsi Silahkan Datang ke Dinsos Kabupaten Bekasi

ilustrasi--

CIKARANG PUSAT -Ada Beberapa Bayi Terlantar, yang Mau Adopsi Silahkan Datang ke Dinsos Kabupaten Bekasi 

Kasus pembuangan bayi kerap terjadi di Kabupaten Bekasi. Warga yang ingin menjadi calon orang tua asuh pun dipersihkan untuk mengajukan permohonan adopsi ke Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin.

" Sesuai prosedur yang ada, bayi yang dibuang atau ditelantarkan oleh orang tua tak bertanggungjawab akan dirawat sampai kondisinya sehat dan stabil," kata Endin, Selasa (18/7).

BACA JUGA:Staycation Asih Nih, HUT Kabupaten Bekasi ke-73 Hotel Ayola Cikarang Diskon 73 Persen

Ia mengatakan, Saat ini ada beberapa bayi yang dirawat orang tua asuh sementara dan ada juga yang dititipkan ke panti asuhan agar kebutuhannya tercukupi sambil menunggu itikad baik dari orang tua kandung si bayi untuk memperjelas asal-usulnya.

" Apabila sampai batas waktu yang ditentukan orang tua bayi masih belum ditemukan juga dan bayi yang telah dirawat dinyatakan sehat atau layak untuk di adopsi, warga dipersilahkan untuk mengajukan diri menjadi calon orang tua asuh dengan mendatangi kantor Dinas Sosial Kabupaten Bekasi," tuturnya.

" Bisa diadopsi, silahkan datang ke Kantor Dinas Sosial untuk mendapatkan penjelaskan lengkap. Kita akan fasilitasi formulir pengajuan adopsinya,” sambungnya.

BACA JUGA:Anak Muda Butuh Modal Usaha, BFI SYARIAH Tawarkan Pinjaman Tanpa Denda

Kendati diperbolehkan untuk mengadopsi, kata Endin, warga harus memenuhi beberapa persyaratan. Terdapat 27 item persyaratan yang harus diperhatikan. Ke 27 item tersebut di antaranya seperti memiliki tempat tinggal layak, kejiwaan normal, hingga kemampuan ekonomi yang mencukupi.

Endin berharap, kedepannya tidak adalagi orang tua yang tega membuang atau menelantarkan bayinya. Sebab sang bayi adalah anugerah dari Tuhan YME sekaligus generasi penerus.

 “Masalahnya kan ini anak, enggak boleh lah dibuang sebagai generasi penerus. Orang tua harus sadar diri. Banyak orang yang pengen punya anak, malah disia-siakan," tandasnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: