Angka Pengangguran Sarjana di Karawang Parah, Pemkab Jangan Pasrah...!!!

Angka Pengangguran Sarjana di Karawang Parah, Pemkab  Jangan Pasrah...!!!

DEMO PENCARI KERJA DI KARAWANG: Angka pengangguran sarjana di Karawang parah--

Diketahui di Kabupaten Karawang ada 1 perguruan tinggi negeri Unsika yang sudah meluluskan ribuan sarjana tiap tahunnya. Selain itu banyak kampus swasta yang membuka jurusan vokasi.

Hanya saja angka serapan kerja lulusan S1 Karawang dinilai masih jauh dari harapan.

Disnakertrans Kabupaten Karawang tergopoh-gopoh menyerap tenaga kerja lulusan S1 atau sarjana. Seperti tanpa solusi, serapan tenaga kerja lulusan sarjana di Karawang dibiarkan memble selama bertahun-tahun. Berbeda dengan lulusan SMA/SMK sederajat yang seperti diberi karpet merah oleh pemerintah.

Para sarjana muda di Karawang justru harus berjibaku mencari posisi di perusahaan sesuai kualifikasi mereka. 

Kehadiran aplikasi Info Loker Karawang belakangan ini menjadi tulang punggung bagi sarjana muda asal Karawang yang ingin mencari kerja.

 Sayangnya, jumlah lowongan kerja (loker) bagi sarjana di aplikasi itu masih sangat minim. Hal ini berbanding terbalik dengan serapan lulusan SMA/SMK sederajat yang dalam kurun waktu satu semester ini sudah mencapai 5.026 orang.

BACA JUGA:Disdik Jabar Segera Evaluasi Perbaikan PPDB

Bagaimana cara mengatasi pengangguran? 

Membuka usaha dan membuka lapangan pekerjaan dapat mengurangi pengangguran.

Penyediaan lapangan pekerjaan yang banyak adalah salah satu cara mengatasi masalah sosial berupa banyaknya pengangguran.

Mengingat dampak positif banyaknya lapangan pekerjaan dapat mengurangi jumlah pengangguran. Lalu solusi usaha untuk mengatasi pengangguran dan cara mengatasi pengangguran yang tepat lainnya apa lagi?

Pengangguran bukan lagi masalah pribadi, namun menjadi masalah bersama yang harus diatasi baik pemerintah, perusahaan, organisasi, dan masyarakat sekitar.

Menurunkan angka pengangguran menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama untuk meningkatkan kinerja ekonomi negara.

Perlu kita diketahui, data per Juni 2019 menunjukkan bahwa Indonesia itu berada di urutan ketiga pengangguran terbanyak di antara negara-negara ASEAN.

Urutan pertama dipegang oleh Filipina dengan tingkat pengangguran terbanyak.  Ini menunjukkan bahwa tingkat pengangguran yang ada di Indonesia masih sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: