Gubernur Ridwan Kamil Jemput Bola ke Tiongkok, Terjalin Kesepakatan Investasi Rp2 triliun untuk Pengembangan I

Gubernur Ridwan Kamil Jemput Bola ke Tiongkok, Terjalin Kesepakatan Investasi Rp2 triliun untuk Pengembangan I

Ridwan Kamil Ajak Provinsi Lain Optimalkan Subsidi Kendaraan Listrik. (Foto: Humas Pemprov Jabar)--

TIONGKOK.DISWAY.ID -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan Perjalanan Dinas Luar Negeri ke Provinsi Guangxi, TIONGKOK. Dalam PDLN tersebut, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengunjungi industri mobil listrik di Kota Liu Zhou, Guangxi, TIONGKOK

Kunjungan tersebut menjadi salah satu upaya Pemda Provinsi Jabar dalam meningkatkan investasi di Jabar. Pemda Provinsi Jabar sendiri menerapkan konsep jemput bola dalam menggerakkan mesin investasi. 

"Karena konsepnya kita harus rajin menjemput bola, bukan menunggu bola. Karena rezeki itu harus dijemput bukan ditunggu," tulis Kang Emil di akun instagram pribadinya, Rabu (26/7/2023). 

BACA JUGA:PLN UP3 Karawang Edukasi Petani Tanjung Mekar Jelaskan Keselamatan Ketenagalistrikan

"Itulah kenapa kami mendatangi markas Wuling Motor di Kota Liu Zhou, Guangxi," imbuhnya.

Hasil dari kunjungan tersebut, kata Kang Emil, terjalin kesepakatan investasi sebesar Rp2 triliun untuk pengembangan industri mobil listrik Wuling di Jabar. 

"Kebetulan Wuling markasnya ada di Kota Liu Zhou yang merupakan sister city dengan Kota Bandung. Dan provinsinya Guangxi adalah sister province dengan Jawa Barat," ucap Kang Emil. 

BACA JUGA:Ridwan Kamil Instruksikan Bupati dan Walikota Ganti Kendaraan Dinas dengan Mobil Listrik

"Di Kota Liu Zhou ini, populasi mobil listriknya sudah mendekati 60%. Tertinggi di dunia. Kotanya bersih dan minim polusi," tambahnya. 

Pemda Provinsi Jawa Barat mendapatkan target realisasi investasi, baik dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanam Modal Asing (PMA), sebesar Rp188,01 triliun pada 2023. Sejumlah strategi pun disiapkan untuk merealisasikan target tersebut. Salah satunya dengan menerapkan konsep jemput bola. 

Sebelumnya, dalam Forum Investasi Jabar Semester 1 2023 di Trans Hotel Bandung beberapa waktu lalu, Kang Emil menuturkan bahwa selain menjalin komunikasi dengan calon investor, kolaborasi dengan berbagai pihak intens dilakukan. 

BACA JUGA:Toyota Tarik Mobil Listrik Produksi Pertama

Dalam enam tahun berturut-turut, realisasi investasi Provinsi Jabar tertinggi di Indonesia. 

Perkuat Kerja Sama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: