Kadis LH Akui Belum Tahu Soal Saluran Limbah Pabrik Bakso dan TPS Liar di DAS Cikeas Jatirangga

Kadis LH Akui Belum Tahu Soal Saluran Limbah Pabrik Bakso dan TPS Liar di DAS Cikeas Jatirangga

Penampakan pipa saluran pembuangan limbah Pabrik Bakso di Jatirangga, Jatisampurna, langsung dibuang ke Sungai Cikeas foto diambil saat gabungan pencinta lingkung melakukan susur sungai, pada 23 Juli 2023-foto amin-

KARAWBEKASI.DISWAY.ID - Keberadaan TPS Liar dan saluran Pembuangan limbah Pabrik Bakso di Jatirangga, Jatisampurna jadi sorotan. Ironisnya kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi mengakui belum mengetahui persoalan tersebut.

"Kita cek lokasi terlebih dulu, untuk melihat persoalannya lebih dalam. Karena saya baru tahu, kan baru jabat Kadis LH Kota Bekasi dan persoalannya banyak,"ujar Yudi Kadis LH Kota Bekasi saat dikonfirmasi KBE terkait keberadaan TPS liar dan saluran limbah pabrik bakso di Jatirangga, Senin (24/7/2023).

Namun sayangnya dia tidak memberi informasi kapan akan melakukan pengecekan langsung terkait keberadaan saluran pembuangan limbah pabrik bakso dan keberadaan TPs Liar tepat di DAS Cikeas.

BACA JUGA:Terungkap, Ternyata TPS Liar di DAS Cikeas Jatirangga Dikelola Empat Orang

Kadis LH Kota Bekasi yang sempat tidak merespon konfirmasi KBE, hanya mengakui belum tahu dan akan mengecek lebih dalam agar tahu persoalannya. 

Terpisah Lurah Jatirangga, Ahmad Apandi saat dikonfirmasi mengakui bahwa, keberadaan TPS liar di bantaran kali Cikeas itu sudah cukup lama. Bahkan sebelum dirinya menjabat sebagai lurah empat tahun silam keberadaanTPS itu sudah ada.

BACA JUGA:Karawang Sukses Raih Tiga Penghargaan Sekaligus dari BKN

“Setelah saya jadi lurah di Jatirangga ini sudah beberapa kali dicoba untuk dimusyawarahkan bahkan ada upaya-upaya penertiban sampah liar itu sehingga tidak mengganggu dan merusak sekitar kali tersebut,”paparnya.

Menurut dia pernah dilakukan mediasi dengan pengelola TPS liar dengan menawarkan pembuatan bank sampah untuk  dikelola bahkan pengelolaannya mau berbentuk yayasan. Hanya saja sampai dengan saat ini tidak ditindak lebih lanjut oleh pengelolanya, bahkan ada rumor telah ganti pengurus atau pengelolany.

BACA JUGA:Keberadaan Gunungan Sampah dan Limbah Pabrik Bakso di Badan Sungai Cikeas Sengaja Dibiarkan?

Namun demikian diakuinya, dirinya belum memonitor lagi karena belum ada progres perbaikan. Sementara  sampai saat ini masih menumpuk dan pihak kelurahan bersama tim DLH sudah pernah menegurnya.

“Sementara sampahnya belum bisa diangkut karna membutuhkan armada yang cukup banyak,” ujarnya.

BACA JUGA:Pabrik Permen di Jatirangga Terindikasi Cemari Lingkungan, Hanya Diberi Peringatan

Diektahui sebelumnya Gabungan kelompok pencinta lingkungan di Kota Bekasi dikagetkan dengan adanya tumpukan sampah tepat di badan kali dalam giat susur sungai Cikeas yang berada di Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, Minggu (23/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: