Gandeng Masyarakat dan Komunitas Bank Sampah, Unsika Adakan Pelatihan Produksi Paving Block Ramah Lingkungan

Gandeng Masyarakat dan Komunitas Bank Sampah, Unsika Adakan Pelatihan Produksi Paving Block Ramah Lingkungan

Gandeng Masyarakat dan Komunitas Bank Sampah, Unsika Adakan Pelatihan Produksi Paving Block Ramah Lingkungan--

Dalam upaya untuk mengurai permasalahan sampah yang kian menggunung dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) bersama Jangkar Ecovillage Karawang mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat komunitas Bank Sampah Karawang dalam Peningkatan Produksi Paving Block Ramah Lingkungan.

Pelaksanaan kegiatan terselenggara melalui hibah pengabdian pada masyarakat dengan skema pemberdayaan kemitraan masyarakat dan didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Kegiatan ini berlangsung pada 6 Agustus lalu di Kampung Tanggul Jaya RT 007/002, Kelurahan Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat dan merupakan langkah konkret dalam mengurangi jumlah sampah plastik di Kabupaten Karawang mengingat kondisi TPA Jalupang yang sudah overload.

Plastik yang merupakan material yang sulit terurai di alam bebas dimanfaatkan sebagai material substitusi dalam pembuatan paving block ramah lingkungan. Pelatihan ini merupakan awal rangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat dalam mengolah sampah plastik menjadi material berharga yang dapat digunakan untuk produksi paving block. Sehingga tidak hanya permasalahan lingkungan yang dapat diperbaiki namun kesejahteraan masyarakat dapat pula ditingkatkan dengan memproduksi paving block.

 

BACA JUGA:Inalillahi... Kok Bisa Sih Dua Bocah Digua Terseret Arus Deras Pantai di Tempuran, Orang Tuanya...

 

Pemateri kegiatan yakni Dedi Junaedi yang akrab dipanggil "Abah" seorang praktisi dalam pembuatan paving block berbahan dasar campuran sampah plastik. Beliau memberikan wawasan yang berharga mengenai teknik pembuatan paving block ramah lingkungan dengan berbagai bentuk ukuran seperti paving block persegi, persegi panjang, hexagonal serta grass block.

Acara dihadiri oleh Runny Trimartiana, S.T, selaku Ketua Jangkar Ecovillage Karawang, Haris Suhendi selaku Lurah Desa Tanjung Mekar, serta Dicki Dian Purnama, S.T., M.Eng selaku Ketua Pelaksana, serta para peserta yang umumnya merupakan pegiat lingkungan di Kabupaten Karawang. yang tampak memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan.

Guna menambah pengalaman dan merasakan proses pembuatan paving block secara langsung peserta didampingi mulai dari proses penakaran material hingga pemadatan. Sesi tanya jawab menjadi momen interaktif yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendapatkan klarifikasi dan pemahaman lebih dalam pertukaran ide dan pengalaman mengenai aspek teknis tata cara pembuatan, material penyusun paving block, perawatan, kekuatan, aplikasi penggunaan hingga aspek biaya.

 

BACA JUGA:Mengecilkan Perut, Olahraga Ringan Turunkan Berat Badan, Langsing Dalam Dua Minggu, Olahraga di Rumah

 

Kerjasama antara Jangkar Ecovillage Karawang dan Universitas Singaperbangsa Karawang dalam menyelenggarakan pelatihan ini menjadi bentuk komitmen nyata untuk mengajak masyarakat ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Langkah-langkah kecil seperti ini diharapkan mampu membawa perubahan besar dalam upaya melindungi bumi dan menciptakan masa depan yang lebih baik. Kami berharap bahwa pelatihan ini dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi jumlah sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir dan sekaligus memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: