DLH Kota Bekasi Diminta Tegas Terkait Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

DLH Kota Bekasi Diminta Tegas Terkait Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

Pabrik Bakso di Jatirangga, masih membuang limbah langsung ke Kali Cikeas meskipun telah ditegur oleh DLH Kota Bekasi, Sabtu 19 Agustus 2023--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi diminta tegas terkait limbah pabrik bakso di Jatirangga, Jatisampurna, yang dibuang langsung ke Kali Cikeas. 

Hal itu menindaklanjuti hasil inspeksi yang telah dilaksanakan tim Gakkum LH Kota Bekasi ke lokasi pabrik bakso dengan menyatakan telah memberi teguran dan melarang ada pembuangan limbah ke Kali Cikeas.

"Ketegasan DLH Kota Bekasi ditunggu terkait limbah pabrik bakso milik CV Warisan Matahari  Makmur di Jatirangga. Karena jelas sebelumnya hal itu dikatakan menyalahi dan dilarang,"ungkap Kang Abel pegiat lingkungan hidup di Kota Bekasi, Selasa 22 Agustus 2023.

BACA JUGA:Terkesan Kebal Hukum, Pabrik Bakso di Jatirangga Masih Membuang Limbah ke Kali Cikeas

Dikatakan bahwa saat ini hanya menunggu ketegasan DLH Kota Bekasi terkait masih adanya aktivitas pembuangan limbah Pabrik Bakso ke Cikeas. Karena sebelumnya DLH Kota Bekasi sendiri menyatakan bahwa sudah memberi teguran dan melarang adanya pembuangan limbah ke Kali Cikeas.

Menurutnya jangan sampai Pemerintah Kota Bekasi terkesan melempem melawan perusahaan yang membuat pencemaran lingkungan akibat tidak mematuhi aturan baku yang diberlakukan melalui Dinas Lingkungan Hidup sendiri.

BACA JUGA:Terkait Limbah, DLH Kota Bekasi Sudah Layangkan Surat Teguran Resmi ke Pabrik Bakso di Jatirangga

"DLH Kota Bekasi harus segera mengambil sikap tegas terkait limbah pabrik bakso yang langsung dibuang ke Kali Cikeas. Hal itu agar tidak menimbulkan spekulan di kalangan pegiat lingkungan yang telah melaporkan,"tukasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua  Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C) Puarman dengan mengatakan bahwa limbah apapun dalam aturan tidak boleh dibuang langsung ke sungai tanpa pengolahan atau memenuhi baku mutu.

"Limbah pabrik bakso itu sudah jelas dari pernyataan DLH Kota Bekasi sendiri tidak memenuhi standar pertama bahwa tidak ada izin teknis, kedua belum ada laporan baku mutu limbah tiap bulannya,"paparnya.

BACA JUGA:Terkait Limbah Pabrik Bakso di Sungai Cikeas, Adam Hawa Siliwangi Pemerintah Jangan Takut dengan Pengusaha

Sementara itu Andy Frengky Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum (PPKLHPH) dikonfirmasi masih berjalannya aktivitas pembuangan limbah pabrik bakso di Kali Cikeas mesti pun telah diberi teguran belum memberi jawaban pasti terkait tindakan tegas.

"Kita akan cek lagi kebenarannya dengan melakukan investigasi dulu ya bang,"ujarnya dikonfirmasi kemarin.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: