Terkesan Kebal Hukum, Pabrik Bakso di Jatirangga Masih Membuang Limbah ke Kali Cikeas

Terkesan Kebal Hukum, Pabrik Bakso di Jatirangga Masih Membuang Limbah ke Kali Cikeas

Pabrik Bakso di Jatirangga, masih membuang limbah langsung ke Kali Cikeas meskipun telah ditegur oleh DLH Kota Bekasi, Sabtu 19 Agustus 2023--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Meskipun telah mendapat teguran resmi dan dilarang membuang limbah langsung ke Kali Cikeas. Tapi Pabrik Bakso milik CV Warisan Matahari Makmur di wilayah Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi tidak bergeming dan terkesan kebal hukum.

Pantauan KBE pada Sabtu 19 Agustus 2023 lalu di lokasi Pabrik Bakso di Jatirangga tetap membuang limbah dari produksinya langsung ke Kali Cikeas melalui saluran gorong-gorong yang langsung menjurus ke kali.

Terlihat air limbah itu merusak kebeningan Kali Cikeas dengan berwarna putih dan mengeluarkan bau tak sedap akibat limbah produksi pabrik Bakso milik CV Warisan Matahari Makmur.   

BACA JUGA:Terkait Limbah, DLH Kota Bekasi Sudah Layangkan Surat Teguran Resmi ke Pabrik Bakso di Jatirangga

Surat teguran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi tegas menyampaikan telah memberi teguran dan meminta Pabrik Bakso itu menghentikan pembuangan limbah langsung ke Kali Cikeas karena dikatakan dalam pengelolaan limbah tidak sesuai dengan aturan berlaku.

DLH kota Bekasi menyatakan temuan Sidak yang dilakukan bahwa Pabrik Bakso di Jatirangga, tidak memiliki persetujuan teknis air limbah. Kedua bahwa pabrik bakso itu tidak melakukan pengecekan sampel secara berkala.

BACA JUGA:Terkait Limbah Pabrik Bakso di Sungai Cikeas, Adam Hawa Siliwangi Pemerintah Jangan Takut dengan Pengusaha

"Jika masih membuang limbah ke Kali Cikeas setelah teguran diberikan maka akan ada teguran keras yang dilayangkan kepada pabrik bakso tersebut,"tegas  Andy Frengky Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum (PPKLHPH) pada KBE, Jumat (18/8/2023).

Menanggapi hal itu, Pegiat Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kang Abel mengaku miris dan meminta Dinas Lingkungan Hidup membuktikan tindakan tegasnya setelah ada laporan bahwa Pabrik Bakso tersebut masih membuang limbah industrinya langsung ke Kali Cikeas.

BACA JUGA:Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga Dibuang Melalui Saluran Warga

"Saya mengapresiasi DLH Kota Bekasi sudah melakukan peneguran secara tertulis kepada pihak pabrik Bakso di Jatirangga karena membuang limbah langsung ke Kali Cikeas,"papar Ketua Yayasan Adam Hawa ini.

Namun jelasnya, saat ini perusahaan terbukti masih membandel, tidak mempedulikan teguran DLH Kota Bekasi dengan masih terlihatnya limbah yang mengalir ke sungai. Untuk itu dia meminta agar tidak terkesan kebal hukum pemerintah harus lebih tegas.

BACA JUGA:Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga keluarkan Aroma Menyengat, Dijaga Lima Pos Keamanan

"Persoalan limbah Pabrik Bakso ke Kali Cikeas itu sebenarnya sudah lama terjadi dan berkali-kali dilaporkan oleh tim patroli sungai. Tapi memang terkesan kebal hukum,"paparnya meminta DLH Kota Bekasi tegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: