Cegah Kebakaran, Damkar dan Puskesmas Sukadami Gelar Pelatihan Simulasi Pemadam Kebakaran

Cegah Kebakaran, Damkar dan Puskesmas Sukadami Gelar Pelatihan Simulasi Pemadam Kebakaran

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Bekasi dalam mencegah terjadinya kebakaran terus dilakukan. Satu di antaranya dengan melakukan pelatihan simulasi pemadam kebakaran seperti yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) terhadap Puskesmas Sukadami dan Forum Anak Cikarang Selatan.
 
Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bekasi, Hasan Basri mengatakan, setiap tahun nya kegiatan pelatihan simulasi pemadam kebakaran terus dilakukan. Seperti di kantor pemerintahan, sekolah dan juga di perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bekasi.
 
" Kami setiap tahun secara rutin menyampaikan kegiatan seperti ini baik itu sosialisasi penyuluhan di dalam ruangan maupun praktek dilapangan," kata Hasan, Kamis (24/8).
 
Ia mengatakan ada dua hal yang disampaikan kepada para peserta yang mengikuti pelatihan ini, yang pertama bagaimana tindakan pencegahan dan yang kedua bagaimana penyelesaian ketika ada kebakaran di lingkungan.
 
" Sosialisasi ini penting sekali karena ini sebuah tahapan pencegahan. Lebih baik mencegah daripada kejadian-kejadian yang memang nantinya merugikan jika terjadi kebakaran," terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukadami dr Adi Pranaya mengatakan, kegiatan ini kolaborasi Puskesmas Sukadami, Forum Anak Cikarang Selatan dan Damkar dalam rangka  pelatihan dan manajemen kebakaran di masyarakat, baik di sekolah, Puskesmas, posyandu, gedung pemerintah dan lain sebagainya.
 
" Harapan kami adalah kami berbagai pengetahuan bagaimana upaya-upaya untuk mencegah resiko kebakaran baik dari benda-benda, gas, kimia dan lain sebagainya yang bisa di padamkan oleh karung dan yang lainnya," ujarnya.
 
Ia menambahkan, kegiatan pelatihan simulasi pemadam kebakaran ini juga diikuti oleh 1020 orang melalui zoom meeting yang hadir pada hari ini dan mengikuti sampai dengan selesai. Nantinya peserta juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan pemadam kebakaran yang dapat berguna untuk bukti bahwa sudah mengikuti pelatihan simulasi pemadam kebakaran.
 
" Kedepan, peserta yang mengikuti pelatihan kali ini dapat menjadi agen-agen pencegah terjadinya kebakaran yang dapat melakukan sosialisasi lebih luas lagi kepada masyarakat dengan menyampaikan ilmu pengetahuan serta wawasan yang diperoleh dari kegiatan ini," tandasnya.
 
Untuk diketahui pelatihan kegiatan yang berlangsung di halaman kantor UPTD Puskesmas Sukadami ini, diikuti oleh peserta dari Puskesmas, Kader Posyandu, Perwakilan Sekolah, Kader PKK, Aparatur Kecamatan juga Aparatur Desa se-Kabupaten Bekasi baik secara offline (tatap muka) juga online melalui zoom meeting. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: