SMK EMANG KEREEN, Lagi Trend Mobil Hybrid, Inilah Karya Siswa SMK PGRI Telagasari Karawang

SMK EMANG KEREEN, Lagi Trend Mobil Hybrid, Inilah Karya Siswa SMK PGRI Telagasari Karawang

SMK EMANG KEREEN, Lagi Trend Mobil Hybrid, Inilah Karya Siswa SMK PGRI Telagasari Karawang--

BACA JUGA:Awas Salah Maksud, Mesin Bisa Mati, Arti Huruf

“Insya Allah mobil ini tanggal 3 akan kita ujicoba jarak jauh ke Palembang untuk ikuti olimpiade tingkat nasional lingkungan sekolah PGRI,” serunya.

Mobil ini disebutnya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 70 KM/jam dengan jarak tempuh sejauh 60 kilometer tanpa pengisian bahan bakar mesin mobil.

 “Insya Allah mudah-mudahan tidak ada kendala,” katanya.

“Karena menggunakan mesin sebagai sumber daya, maka hybrid tidak membutuhkan charging seperti mobil listrik. Jadi ketika digunakan, ada sumber energi yang langsung digunakan mesin ini, jadi sambil pake dia ngisi,” papar Yanyan.

Sebagai informasi, Hybrid Lascar menggunakan volume tangki bahan bakar mencapai 20 liter. Baterai yang dipakai merupakan accu mobil biasa 72 volt 65 Ah.

“Sehingga proses perancangan mobil hybrid ini relatif lebih murah dibanding baterai khusus mobil listrik yang dilengkapi motor listrik 10 Kw. Alhasil proses elektrikal pun terbilang mudah dan sederhana, dan ini bisa diaplikasikan oleh sekolah lain, bengkel, atau pun di garasi rumah tanpa perlu peralatan modern,” tutupnya. 

BACA JUGA:Diduga Mencemari Lingkungan, Pemdes Sukadami Cikarang Selatan Sidak TPS Ilegal, Ini Hasilnya  

 

Pengenalan Mobil Hibrida

Diketahui, teknologi mobil hibrida adalah inovasi dalam industri otomotif yang menggabungkan dua sumber tenaga, yaita mesin bensin atau diesel konvensional dengan motor listrik. Tujuan utamanya adalah mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang, sambil tetap memberikan performa yang baik kepada pengendara.

Sistem Penyimpanan Energi: Mobil hibrida memiliki sistem penyimpanan energi yang berfungsi menyimpan energi listrik untuk digunakan saat diperlukan. Biasanya menggunakan baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang. Ketika mobil berakselerasi atau membutuhkan tenaga tambahan, motor listrik bekerja sama dengan mesin konvensional untuk memberikan daya ekstra. Saat mobil melambat atau berhenti, energi kinetik yang biasanya terbuang pada mobil konvensional dapat diubah menjadi energi listrik dan disimpan kembali dalam baterai.

Mode Operasi: Mobil hibrida memiliki beberapa mode operasi. Salah satunya adalah mode listrik murni, di mana mobil hanya menggunakan motor listrik dan baterai untuk menggerakkan kendaraan pada jarak pendek dengan kecepatan rendah. Mode lainnya adalah mode hibrida, di mana mesin bensin dan motor listrik bekerja bersama untuk memberikan keseimbangan antara efisiensi bahan bakar dan performa. Mode lainnya termasuk mode pengisian ulang baterai saat mobil bergerak atau melambat.

BACA JUGA:Diduga Mencemari Lingkungan, Pemdes Sukadami Cikarang Selatan Sidak TPS Ilegal, Ini Hasilnya

Manfaat Lingkungan dan Ekonomi: Salah satu keuntungan utama teknologi mobil hibrida adalah pengurangan emisi gas buang. Dengan beralih ke mode listrik saat berkendara dalam kota atau dalam lalu lintas padat, mobil hibrida dapat mengurangi polusi udara dan kontribusi terhadap perubahan iklim. Selain itu, meskipun harganya awalnya cenderung lebih tinggi daripada mobil konvensional, pemilik mobil hibrida dapat menghemat uang dalam jangka panjang karena penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: