Penantian Panjang, Akhirnya Ada Pembangunan Gedung Sekolah SMPN 3 Serang Baru

Penantian Panjang, Akhirnya Ada Pembangunan Gedung Sekolah SMPN 3 Serang Baru

--

KARAWANGBEKASI. DISWAY.ID - Setelah penantian bertahun-tahun, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Serang Baru, Kabupaten Bekasi, akhirnya memiliki gedung sekolah sendiri. Keberadaan bangunan baru ini bakal mengakhiri masa ‘pengungsian’ para siswa.

“Tentu saja kondisi ini harus segera dibenahi. Kebutuhan siswa akan gedung sekolah baru sudah sangat diperlukan. Maka harus dipastikan pembangunan ini berjalan dengan optimal dan dengan kualitas yang terbaik, sesuai spesifikasi,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai meninjau pembangunan SMPN 3 Serang Baru, Rabu (6/9).

Dani mengatakan, pembangunan infrastruktur merupakan prioritas Pemerintah Kabupaten Bekasi. Selain gencar membangun jalan, bangunan sekolah hingga fasilitas kesehatan turut menjadi perhatian. Namun, infrastruktur tidak sebatas dibangun melainkan harus sesuai dengan kualitas yang ditetapkan. Dani bahkan mengingatkan bangunan sekolah harus kuat, terutama di bagian atap. Soalnya Kabupaten Bekasi kerap diterpa puting beliung.

“Saya ingin memastikan bahwa spek yang diatur dalam kontrak ini memang dilaksanakan. Kalau yang sekarang sesuai spek, terutama atap ya. Di sini banyak puting beliung, jadi saya sangat berharap ini bangunannya tinggi harus sangat kokoh kuat tahan angin badai. Dan mudahan dengan cara seperti itu bisa terjamin kualitasnya,” ucap dia.

Untuk diketahui, SMPN 3 Serang Baru dibentuk untuk memfasilitasi tingginya animo warga Serang Baru yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah negeri. Lalu, SMPN 3 Serang Baru pun didirikan namun masih berstatus menumpang. Dengan harapan, dalam dua hingga tiga tahun setelah, gedung sekolah bisa segera dibangun.

Bertahun-tahun berlalu, rencana pembangunan gedung sekolah tidak pernah terealisasi. Kondisi ini membuat para siswa masih harus menumpang di SMPN 2 Serang Baru hingga ke SD Jayasampurna karena jumlah siswa yang kian bertambah.

Namun begitu, tiap tahun, pihak sekolah masih terus mengusulkan untuk membangun gedung baru. Bahkan lahan pun telah tersedia dengan menggunakan fasilitas sosial yang dihibahkan oleh pengembang perumahan sekitar.

Setelah usulan panjang itu, pembangunan SMPN 3 Serang Baru akhirnya terealisasi tahun ini. “Ya para siswa saat ini memang menumpang di bangunan SD karena memang gedungnya belum ada. Tapi setelah bersama-sama Dinas Pendidikan dan Dinas Cipta Karya melalui inventarisasi, usulan pembangunan sekolah ini akhirnya bisa terealisasi,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Imam Fathurahman.

Dengan pembangunan ini, Imam menargetkan mulai tahun depan para siswa bisa menggunakan gedung sekolah baru. “Karena ini dibangunnya untuk 15 rombel sesuai kebutuhan. Jadi tahun depan semua siswa bisa bersekolah di sini,” ucap dia.

Terpisah, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro mengatakan, pembangunan SMPN 3 Serang Baru menggunakan APBD 2023. Unit sekolah baru ini dibangun dua lantai dengan anggaran Rp 5.402.211.000.

“Pembangunannya sudah dimulai pada awal Juli kemarin dan ditargetkan selesai awal Desember nanti dengan total 148 hari. Dengan unit sekolah baru ini, siswa tidak lagi menumpang ke sekolah lain,” ucap dia.(mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: