Komunitas Lingkungan Buat Undangan Terbuka, Tantang Bupati Bogor Susur Sungai Cileungsi

Komunitas Lingkungan Buat Undangan Terbuka, Tantang Bupati Bogor  Susur Sungai Cileungsi

Kondisi sungai Cileungsi hitam bau menyengat akibat pencemaran limbah industri. Kondisi itu terbiarkan tanpa ada solusi bertahun-tahun. --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID  --- Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) mengundang Bupati Bogor  untuk susur Sungai Cileungsi bersama menggunakan perahu karet.

Hal itu sebagai bentuk kepedulian bupati terhadap persoalan lingkungan yang membelit warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai Cileungsi.

"Surat undangan terbuka itu kami kirimkan ke Bupati Rabu (13/9/2023) pagi ini. Harapan kami mendapat sambutan baik Bupati," ujar Ketua KP2C Puarman, di kantor Sekretariat KP2C, Bojongkulur, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu pagi. 

Surat undangan tersebut dibuat menyusul penanganan persoalan pencemaran Sungai Cileungsi yang diduga tercemar berat oleh limbah industri dan belum terselesaikan.

BACA JUGA:Gubernur Kepri Imbau Jaga Kondusifitas, Kepala BP Batam Buka Ruang Dialog Terkait Pulau Rempang

KP2C mengutarakan sejak awal Agustus 2023 masyarakat kembali menderita akibat sungai Cileungsi yang berwarna hitam, bau, berbuih dan ribuan ikan mati.

Masyarakat sudah tidak bisa lagi berkegiatan di sungai, baik memancing, mandi bahkan mencuci.

BACA JUGA:Fungsi Pengawasan DPRD Kota Bekasi Disebut Mandul, Daya Kritis Hilang Biarkan Mutasi Ugal-ugalan Terjadi

Selain itu setiap hari masyarakat mengalami bau menyengat, mata perih, sesak nafas dan mual.

Kegiatan susur sungai Cileungsi ini sekaligus untuk menunjukkan empati Bupati kepada masyarakat yang terdampak pencemaran sungai Cileungsi serta menjadi momentum dan tekad bersama untuk memulihkan sungai Cileungsi.

BACA JUGA:Kota Bekasi Dikepung Demo, Puluhan Mahasiswa Minta Kadis BMSDA Diganti

Mengenai waktu pelaksanaannya, KP2C akan menyesuaikan dengan ketersediaan waktu Bupati Bogor

"Karena sifatnya Surat terbuka, maka jajaran  pimpinan instansi terkait di Kabupaten Bogor juga bisa ikut susur sungai ini, untuk melihat dan merasakan tercemarnya Sungai Cileungsi dengan bau yang begitu menyengat dan warna air yang menghitam pekat,' jelas Puarman.

BACA JUGA:Tolak Gani Pj Wali Kota Bekasi, Ratusan Massa Geruduk Gedung Kemendagri Membawa 7 Tuntutan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: