DPMD Evaluasi Kerjasama Desa di Cikarang Selatan, Diklaim Sudah Bagus

DPMD Evaluasi Kerjasama Desa di Cikarang Selatan, Diklaim Sudah Bagus

--

KARAWANGBEKASI. DISWAY.ID  - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kerjasama Desa di Aula Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan, Senin (9/10).
 
Kegiatan ini turut dihadiri semua Sekretaris Desa tingkat Kecamatan Cikarang Selatan, Ketua BPD dan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kecamatan Cikarang Selatan.
 
Kepala Bidang Kelembagaan Pemeberdayaan dan Desa pada DPMD Kabupaten Bekasi, Tri Handayani mengatakan bahwa kerjasama desa, Bumdes dan pihak ketiga sudah dilakukan dengan maksimal dan ada catatan yang perlu ditingkatkan perihal administrasi.
 
"Jadi masih perlu pemahaman administrasi tentang kerjasama desa," kata Tri, Senin (9/10).
 
Menurutnya, kerjasama antara desa, Bumdes dan juga pihak ketiga harus lebih bersinergi. Sebab, kata dia, pengelolaan Bumdes ini salah satu yang bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). 
 
"Jadi tidak ada kesenjangan antara desa satu dengan desa yang lainnya. Jadi ada kerjasama desa yang menguntungkan. seperti Desa Serang ini sudah berbasis digital jadi menguntungkan desa dan masyarakat sendiri," terangnya.
 
Sementara itu Kepala Desa Serang, Irwan Handoko mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah melakukan monitoring dan evaluasi kerjasama desa di Desa Serang.
 
" Iya saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih kegiatan ini ada di Desa Serang selaku tuan rumah," kata Irwan.
 
Dirinya berharap apa yang disampaikan atau arahan-arahan dari DPMD soal kerjasama desa ini bisa diikuti dengan baik oleh Pemerintah Desa, BPD dan Pengelola Bumdes di wilayah Cikarang Selatan.
 
"Kegiatan ini sangat positif, kita bisa tahu kekurangan dan kelebihan pengelola Bumdes. Jadi apa yang perlu diperbaiki ya harus diperbaiki agar kerjasama desa, Bumdes dan juga pihak ketiga ini bisa menghasilkan PAD Desa yang baik," pungkasnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: