Dukung PSEL Bantargebang Diyakini Beri Manfaat Lingkungan

Dukung PSEL Bantargebang Diyakini Beri Manfaat Lingkungan

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Rencana Proyek strategis nasional Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sumur Batu Bantargebang Kota Bekasi mendapat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. 

Ketua Ruang Baca Ciketing Udik, Muhammad Lutfi Iskandar mengungkapkan, kehadiran PSEL ini menjadi terobosan sekaligus solusi konkret mengurangi sampah yang sudah mengakar di Bekasi, khususnya di wilayah Bantargebang.

Ia juga mengharapkan kehadiran PSEL dapat dikelola dengan baik dan menjadi lebih bersih, mengingat  Bantargebang memiliki momok jorok, bau, dan kotor saat ini. 

"Mudah-mudahan bisa menjadi lebih bersih dengan adanya pengelolaan sampah yang dijadikan sebagai alternatif pembangkit listrik ini,” tutur Lutfi (17/10/2023).

BACA JUGA : Pemuda di Cilamaya Kulon Gelapkan Miliaran Rupiah untuk Nyawer Biduan

Hal senada juga diungkapkan oleh tokoh masyarakat setempat sebagai tokoh agama, Haji Dadah Prihatin. Menurutnya, secara detail dari sudut pandang agama alasan kenapa masyarakat harus menjaga kebersihan dan mengolah sampah sebaik mungkin.

Lebih lanjut Dadah menjelaskan, saat sampah diolah dan dibersihkan dari sumber kehidupan seperti sungai maka selamatlah banyak makhluk hidup. Terlebih kreativitas dalam memodifikasi sampah bisa mengurangi tumpukan sampah, seperti sampah anorganik dijadikan kerajinan dan didaur ulang.

"Orang yang kreatif untuk memodifikasi sampah berarti sama artinya dia telah menahan sampah tadi sehingga tidak berdampak keburukan bagi orang lain. Begitu juga, dengan orang yang mendaur ulang sampah, dia telah menjadikan produk itu ke bentuk yang sama tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan kepada orang lain," kata Dadah.

Dari pembahasan di atas maka terkait dengan rencana pemerintah akan mengolah sampah menjadi sumber Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tentu akan lebih baik dan lebih bermanfaat lagi. Karena tidakan membuang sampah dengan benar dan mengelola adalah kebaikan yang berdampak baik buat banyak orang.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Bantargebang Kota Bekasi, Ahmad Kosasih yang akrab disapa Luken menuturkan, bahwa ia beserta pihaknya mendukung penuh proyek PSEL di Bekasi dan hal yang paling penting adalah manfaat terhadap masyarakat sekitar.

BACA JUGA : 3 Pemuda di Samosir Cabuli Anak Dibawah Umur, Modusnya Ancam Sebarkan Video Tak Senonoh

Ia berharap, agar hadirnaya proyek strategis ini mampu membantu masyarakat setempat untuk membuka lapangan pekerjaan seluas mungkin dan tidak ingin masyarakat sekitar proyek hanya menjadi penonton atas proyek tersebut. 

“Siap aja siap, selama warga Bantargebang dilibatkan dan bisa berkontribusi kenapa enggak. Ya mendukung aja selama niatnya baik mah,”imbuh dia. Sebelumnya, konsorsium EEI-MHE-HDI-XHE dinyatakan sebagai pemenang lelang berdasarkan berita acara hasil evaluasi prasyarat teknis PSEL berbasis teknologi ramah lingkungan di Kota  Bekasi, nomor 42.EV.HPT/PP/PLTSA.LH/2023. (amn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: