Bukan Open Bidding, Pj Bupati Bekasi Dani Geser Lima Kepala Dinas Lewat Job Fit, Apan Tuh?

Bukan Open Bidding, Pj Bupati Bekasi Dani Geser Lima Kepala Dinas Lewat Job Fit, Apan Tuh?

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Gerbong rotasi mutasi kembali terjadi di Kabupaten Bekasi. 

Kali ini, ada lima pejabat pimpinan tinggi pratama atau kepala dinas bergeser. Mereka adalah Hasan Basri dilantik menjadi Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Abdillah menjadi Kepala Dinas Pertanian, Adeng Hudaya menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Lalu, Endin Samsudin menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) dan Ani Gustini menjadi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Kelima kepala OPD itu dilantik langsung Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan di Ruang Rapat KH. Raden Ma’mun Nawawi, Gedung Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, pada Selasa 31 Oktober 2023.

Pelantikan ini pun tertulis dalam Surat Keputusan Bupati Bekasi dengan nomor KP.03.03/Kep.2634-BKPSDM/2023 tanggal 24 Oktober 2023.

Kata Dani, pelantikan ini dilaksanakan untuk mengisi salah satu Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang masih kosong melalui sistem rotasi. Dengan syarat rotasi pada JPT, yakni minimal 2 tahun masa jabatan yang dijalani, terdapat 5 pejabat yang menenuhi syarat dan segera dilakukan uji kompetensi (job fit).

“Pertama ada kekosongan jabatan Kepala Bapenda (Herman Hanafi pensiun,red), tapi karena calon yang memenuhi syarat ada 5, yaitu yang sudah melewati 2 tahun masa jabatannya sekarang, maka 5 orang ini lah yang dilakukan job fit,” ungkap dia.

Dari hasil uji kompetensi tersebut merekomendasikan kelima pejabat untuk dilakukan rotasi ke jabatan baru secara keseluruhan, dengan harapan adanya penyegaran dan tercapainya kinerja yang lebih baik dari individu maupun organisasi.

“Ternyata rekomendasi terbit merekomendasikan kelimanya dilakukan rotasi secara keseluruhan untuk penyegaran dan kinerja yang lebih baik,” timpal Dani.

Dengan adanya rotasi ini, akan ada kekosongan jabatan di Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, serta Inspektur yang pejabatnya akan pensiun dalam waktu dekat.

Kepala BPBD Jabar ini mengaku akan kembali melaksanakan uji kompetensi bagi seluruh kepala Perangkat Daerah sebelum akhirnya akan melaksanakan open biding untuk mengisi jabatan-jabatan tersebut.

“Yang kosong rencana saya akan lakukan open bidding tapi karena ada surat edaran yang menyatakan belum 2 tahun menjabat bisa dirotasi, jadi saya akan lakukan job fit dulu semua,” ungkapnya.

Untuk para pejabat yang dilantik, Dani berpesan agar segera melaksanakan tugasnya di tempat yang baru dengan baik, sehingga target kinerja yang telah disampaikannya dapat tercapai. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: