Pemkab Bekasi-Jababeka Bakal Jalankan Proyek West to Energy, Solusi Atasi Sampah

Pemkab Bekasi-Jababeka Bakal Jalankan Proyek West to Energy, Solusi Atasi Sampah

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Persoalan sampah masih menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Apalagi pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang masih terbatas.

Menilik kondisi itu, Pemkab Bekasi bersama PT Jababeka bakal menjalankan proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sektor persampahan Waste to Energy (WtE), yakni teknologi pengolahan sampah melalui pembakaran untuk menghasilkan energi. 

Rencana kolaborasi tersebut diungkapkan Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan saat rapat bersama PT. Jababeka dalam rangka membahas pengembangan pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Bekasi. Bertempat di Kantor Jababeka Golf, Cikarang Timur pada Kamis 18 Januari 2024.

"Jababeka mempunyai rencana untuk membangun instalasi pengolahan sampah dalam mengolah sampah di kawasan. Karena nilai ekonomi dan kapasitas yang akan dibangun cukup besar, jadi kami memandang ini bisa dikembangkan," tegas dia.

Artiny, sambung Dani, kerjasama perlu dilanjutkan mengingat Kabupaten Bekasi juga sedang menghadapi persoalan sampah karena pengolahan sampah di TPA yang masih terbatas kapasitasnya. 

"Ini sedang dicari, konsep yang biasanya lazim kita gunakan KPBU, tetapi kita juga akan cari cara lain dengan investasi di sektor swasta murni, dan akan kita rumuskan dalam pertemuan berikutnya," jelas Kepala BPBD Jabar ini.

Menurut dia, langkah awal yang akan dilakukan ialah dengan menyusun pra studi kelayakan/ pra Feasibility Study (Pra FS) yang merupakan salah satu bagian dari kegiatan perencanaan secara keseluruhan, menyusun Kerangka Ajuan Kerja (KAK), serta membentuk tim kerja.

"Tiga hal ini yang harus diselesaikan minggu depan agar proses berikutnya bisa berjalan lebih lanjut," tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Syafri Donny Sirait menilai, proyek ini sejalan dengan program Pemkab Bekasi dalam mengatasi persoalan sampah yang ada di Kabupaten Bekasi. 

"Rencana untuk melakukan pengolahan sampah yang ada di Jababeka ini sejalan dengan program pemerintah. Jadi kita harapkan kawasan ini tidak lagi melokalisir suatu kawasan dampak limbah cair," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: