Harimau Sunda, Dulu Raja Hutan Gunung Ciremai, Kini Terancam Punah, Ini 4 Upaya yang Bisa Kita Lakukan

Harimau Sunda, Dulu Raja Hutan Gunung Ciremai, Kini Terancam Punah, Ini 4 Upaya yang Bisa Kita Lakukan

ilustrasi gambar--

KARAWANG BEKASI DISWAY - Phantera Tigris Sondaica atau biasa dikenal Harimau Sunda, dahulu merupakan salah satu ikon dari Gunung Ciremai dan jenis turunannya menyebar di Nusantara.

harimau di dunia dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, harimau kontinental yang tersebar di daratan Asia, mulai dari Rusia, Tiongkok, India, Timur Tengah, Indochina, hingga Semenanjung Malaya. Kedua, harimau Sunda yang terdiri dari harimau Jawa, harimau Bali, dan harimau Sumatera. 

Dari ketiga jenis harimau Sunda tersebut, hanya harimau Sumatera yang masih tersisa keberadaannya di Indonesia. 

Diperkirakan, ada kurang dari 400 ekor harimau Sumatera yang tersisa di alam liar. 

BACA JUGA : Sinopsis, Aksi Ranger Wanita di Power Rangers Cosmic Fury dan Link Downloadnya

Kelangkaan harimau Sunda ini disebabkan oleh beberapa alasan. Pertama, habitat yang menyusut. Habitat alami harimau tersebut adalah hutan hujan tropis.

Sayangnya, maraknya deforestasi dan konversi hutan menjadi permukiman mengancam ketersediaan tempat tinggal dan nyawa mereka. 

Kedua, konflik antara manusia dan harimau. Ketika habitat harimau semakin menyusut, harimau akan masuk ke permukiman warga untuk mencari tempat tinggal. 

Akibat hal tersebut, manusia malah menyakiti dengan jebakan atau membunuh harimau tersebut karena merasa terancam oleh keberadaannya. Ketiga, perburuan dan perdagangan ilegal. 

BACA JUGA : 11 Fakta Tentang Belalang Sembah, Serangga Kanibalisme yang Cukup Sadis!

Harimau Sunda sering menjadi target perburuan dan penjualan ilegal. Pasalnya, bagian tubuh dan kulit harimau Sunda bernilai tinggi ketika dijual. 

Akhirnya, populasi harimau Sunda terus berkurang setiap tahunnya. Dengan kondisi tersebut, dibutuhkan aksi nyata untuk mencegah kepunahan harimau Sunda. 

Sebagai masyarakat, Anda dapat berkontribusi membantu pelestarian harimau Sunda melalui empat kegiatan berikut. 

1. Membagikan informasi mengenai harimau Sunda 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: