Pemkab Bekasi Targetkan 1 Desa 100 Pekerja Rentan Tercover BPJS Ketenagakerjaan

Pemkab Bekasi Targetkan 1 Desa 100 Pekerja Rentan Tercover BPJS Ketenagakerjaan

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan (paling kiri) dukung Pemprov Jabar kejar target 1 desa 100 pekerja rentan.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan hadiri kegiatan Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Pertemuan di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Majalengka pada Jumat 1 Desember 2023 itu dipimpin Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin untuk membahas beberapa isu terkini.

Dalam arahan dan diskusi tersebut, Dani Ramdan kembali menegaskan pihaknya turut mendukung pelaksanaan target gerakan 1 Desa 100 Pekerja Rentan yang bertujuan untuk memperluas perlindungan pekerja dipedesaan, sesuai dengan gagasan BPJS Ketenagakerjaan. 

Hal itu senagai komitmen Pemkab Bekasi untik terus melindungi seluruh masyarakat, khususnya para pekerja rentan disektor pertanian yang tidak memiliki upah untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. 

“Arahan pertama tentang BPJS Ketenagakerjaan, sejauh ini Pemkab Bekasi juga telah menjalankan khususnya untuk pekerja rentan disektor pertanian, dan targetnya bisa dikembangkan 1 Desa ada 100 pekerja rentan dilindungi BPJS Ketenagakerjaan,” kata dia.

Selain itu, sambung Dani, arahan lain yang disampaikan diantaranya terkait pemanfaatan Bandar Udara Kertajati yang harus didorong agar memiliki kebermanfaatan secara optimal, dengan melakukan sosialisasi serta mendorong keberangkatan para ASN maupun masyarakat yang hendak berpergian melalui Bandar Udara Kertajati. 

“Rakor diadakan disini sebagai bentuk dukungan dan sosialisasi kepada para perangkat daerah khususnya yang dekat dengan bandara, dengan mendorong keberangkatan para ASN dan masyarakat yang hendak berpergian bisa dari sini,” jelas Kepala BPBD Jabar ini.

Tak hanya itu, disampaikan pula terkait upah ketenagakerjaan buruh agar tetap bisa dijaga stabilitasnya. Serta, penyerapan anggaran menjelang akhir tahun yang diharapkan bisa lebih optimal agar APBD dapat tepat sasaran dan dinamis. 

Jumlah angkatan kerja per Februari 2023 mencapai 25,40 juta orang. Dengan rincian sebanyak 16,66 juta orang bekerja secara penuh, 5,03 juta orang sebagai pekerja paruh waktu serta 1,70 juta orang berada dalam kondisi setengah pengangguran. Sementara itu, pengangguran mencapai 2,01 juta orang.

"Perlindungan bagi tenaga kerja rentan ini menjadi fokus," kata Pj Gubenur Jabar Bey. 

Diketahui bersamaBPJSTK juga sudah menyalurkan program jaminan kematian kepada 46 perwakilan pihak keluarga para petani dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp1,9 miliar.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cikarang Hendrayanto mengatakan pemerintah daerah telah memberikan perlindungan program JKK serta JKM kepada petani di wilayahnya sejumlah 26.808 jiwa periode Desember 2023 hingga Desember 2023. Kemudian terdapat sebanyak 46 petani yang meninggal dunia dan pihak keluarga mengklaim perlindungan program jaminan tersebut.

"Kami telah menyalurkan program perlindungan kematian yang masing-masing mendapatkan sebesar Rp42 juta dan kami telah membayar mencapai Rp1,9 miliar, kami berharap support dari pemerintah daerah untuk perlindungan petani bisa terus berlanjut ke depannya termasuk juga bagi pekerja rentan lainnya," kata Hendrayanto saat ditemui, Rabu 11 September 2023.

Ia menjelaskan, selama setahun 26.808 petani penerima bantuan program JKK dan JKM tersebut pemdakab Bekasi menganggarkan sebesar Rp5,4 miliar lebih. BPJS Ketenagakerjaan Cikarang terus berkolaborasi bersama pemerintah daerah agar ke depannya jumlah kepesertaan bisa lebih meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: