Inovasi Bapenda Karawang, Program PEMUDA PEDANG Untuk Pemutakhiran Data PBB-P2

Inovasi Bapenda Karawang, Program PEMUDA PEDANG Untuk Pemutakhiran Data PBB-P2

Inovasi Bapenda Karawang, Program PEMUDA PEDANG Untuk Pemutakhiran Data PBB-P2--

"Melalui pemutakhiran data base PBB-P2 dengan memanfaatkan peta bidang tanah yang sudah terdaftar di Kantor Pertanahan, kami berharap dapat mengurangi potensi piutang sekaligus meningkatkan akurasi data administrasi PBB-P2," jelas Ade Sudrajat.

 

Dalam konteks pemutakhiran data, Bapenda Karawang telah menetapkan target sementara, yaitu melakukan pemutakhiran data PBB-P2 atas Surat Pemberitahuan Pajak (SPPT/NOP), khususnya SPPT yang ganda, di 10 kecamatan. Verifikasi terhadap 360 SPPT/NOP ganda anslaag telah dilakukan, dan pembatalan dilakukan pada tahun ini.

 

"Sementara ini baru dilakukan verifikasi sebanyak 360 SPPT/NOP ganda anslaag dan dilakukan pembatalan tahun ini sehingga mulai tahun 2024, SPPT nya tidak ditetapkan atau diterbitkan lagi sehingga potensi piutang akan berkurang sebesar 5,6 milyar. Upaya penagihan piutang PBB-P2 pun kita intensifkan," tambah Ade Sudrajat.

 

Bapenda Karawang menjalin kerjasama yang erat dengan Kantor Pertanahan untuk terus mengembangkan sinergi dalam pengintegrasian data pertanahan dengan data PBB-P2. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan seperti perubahan nama sertipikat tanah, pemecahan sertipikat, dan pemutakhiran data PBB-P2.

 

"Kami tetap bergerak untuk optimalisasi pendapatan Pajak Daerah di Kabupaten Karawang. Semua ini merupakan langkah strategis untuk menciptakan inovasi baru dalam pengelolaan PBB-P2 dan meningkatkan kualitas layanan perpajakan kepada masyarakat," tutup Ade Sudrajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: