Ini Upaya Pemkab Bekasi Tekan Angka Pengangguran

Ini Upaya Pemkab Bekasi Tekan Angka Pengangguran

ilustrasi gambar, Kontor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Sumber : google --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemkab Bekasi menggelar peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, digelar di gedung Swatantra Wibawa Mukti, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat pada Jum'at (22/12/2023).

Dalam kesempatan ini hadir Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik bersama istri, Asisten Daerah, Pejabat di Lingkungan Pemkab Bekasi, berbagai perwakilan organisasi perempuan, Ketua TP PKK Kabupaten Bekasi Ria Sabaria ditemani Ibunda Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Pj  Bupati Bekasi Dani Ramdan mengemukakan peran Ibu atau perempuan di Kabupaten Bekasi sangat berkontribusi secara signifikan dalam membantu kesuksesan program Pemkab Bekasi seperti di bidang sosial, ekonomi maupun kesehatan.

Bahkan, menurutnya, berdasarkan hasil penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat per Agustus 2023, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bekasi sebesar 8,3 persen. Angka ini turun lumayan banyak dibanding periode sebelumnya yang mencapai 10,31 persen.

BACA JUGA:7 Jadwal Terbaru Anime 2024 yang Paling Ditunggu-tunggu Penggemarnya!

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengaku bersyukur atas penurunan angka pengangguran ini. Menurut dia, penurunan dihasilkan atas kerja keras semua yang fokus pada penyerapan tenaga kerja. Angka pengangguran ini lebih rendah sejak 10 tahun lalu.

Salah satu kontribusi signifikan ini, sambungnya, ada di tangan kaum Ibu atau perempuan di bidang ekonomi, khususnya dalam menggerakkan sektor UMKM yang mampu menyerap tenaga kerja lokal.

"Ternyata dalam setahun ini kita lebih banyak menggenjot UMKM. Karena pabrik ada yang sudah pulih ada yang belum dan mereka semakin canggih dengan peralatan tanpa operator. Nah UMKM ini justru yang saya lihat dan pameran, berbagai kegiatan paling banyak menyerap tenaga kerja lokal, siapa yang menggerakkan ini? Yaitu kaum Ibu atau perempuan," ungkapnya dalam sambutan.

Kemudian gerakan di bidang sosial yang digawangi Tim Penggerak PKK misalnya dalam membantu saat wabah pandemi Covid-19. Selain itu di sisi kesehatan, ikut serta menangani penurunan stunting dan posyandu.

BACA JUGA:Sinopsis, Link Nonton dan Download Terrifier 2 Subtitle Indonesia, yang Takut Jangan Nonton!

"Lagi-lagi kader PKK, kalau ada banjir ikut serta, dapur umum, hampir semua kegiatan sosial, bahkan keagamaan Majelis Ta'lim pastinya ibu-ibu yang mengisi ya," jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti menjelaskan melalui peringatan ini ingin menyampaikan kepada kaum Ibu dan perempuan untuk terus berperan baik dalam mendidik keluarga maupun di sektor publik.

Seperti dalam program nasional ada konsep yang bernama responsif gender. Secara singkat, program ini jelasnya akan mendorong kaum Ibu atau perempuan untuk berperan dalam berbagai kebijakan dan Pembangunan di Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Sinopsis, Nonton dan Download Kage No Jitsuryokusha Ni Naritakute! Season 2 Episode 12 END Subtitle Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: