Libur Nataru, BPBD dan BNPB Bersiaga di Beberapa Wilayah yang Memiliki Tingkat Kerawanan Bencana

Libur Nataru, BPBD dan BNPB Bersiaga di Beberapa Wilayah yang Memiliki Tingkat Kerawanan Bencana

FOTO: Sejumlah petugas dari BPBD bersiaga di posko terpadu yang diaktivasi pada periode libur Natal dan tahun baru 2023-2024, pada Senin (25/12). (Sumber foto: BPBD Jawa Tengah)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kita akan memasuki akhir tahun 2023, sejumlah masyarakat sudah banyak mempersiapkan untuk menyambut moment pergantian tahun dengan mengunjungi tempat-tempat keramaian.

Musim libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024 berpotensi adanya pergerakan masyarakat untuk menikmati waktu liburnya dari wilayah yang aman menuju lokasi wisata yang rawan bencana, membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersiaga di Posko Siaga Darurat Bencana di beberapa wilayah yang memiliki tingkat kerawanan bencana. Antara lain yaitu tempat peristirahatan di sepanjang jalur tol Jakarta menuju Jawa Timur. 

BPBD Kabupaten Semarang mendirikan Posko Siaga Bencana di Rest Area KM 429 A Jalan Tol Semarang menuju Bawen, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA:Boboiboy Galaxy SORI Episode 5 Subtitle Indonesia, Untuk Link Nonton Sudah Legal, Jadi Tak Perlu Ribet-ribet

Para personel BPBD bersama tim gabungan bersiaga selama 24 jam dan rajin memberikan imbauan kepada pengunjung rest area sejak hari Sabtu (23/12) yang lalu, hingga Senin (25/12) kondisi di lokasi cenderung aman terkendali. 

BPBD setempat menyiapkan satu unit mobil tangki air guna mengantisipasi adanya kebutuhan air bersih dan juga keperluan darurat lainya, selain itu BPBD juga menyiapkan satu unit gergaji mesin sebagai antisipasi adanya pohon tumbang mengingat potensi angin kencang dan hujan yang dapat menyebabkan robohnya pohon di sekitar lokasi, serta satu unit mobil rescue. 

Kemudian, BPBD Kabupaten Ngawi turut mendirikan Posko Siaga Bencana di Rest Area KM 575 A Jalan Tol Solo menuju Ngawi pada Sabtu (23/120, hingga Senin (25/12) tidak ada kondisi darurat yang terjadi.

BPBD beserta tim gabungan rutin memberikan edukasi dan menyediakan minuman ringan bagi masyarakat yang hendak beristirahat di posko tersebut. Satu unit mobil rescue ditempatkan di lokasi untuk mengantisipasi kondisi kedaruratan. 

BACA JUGA:Dark Gathering Episode 25 Subtitle Indonesia, Tenang Link Nonton Sudah Legal, Jadi Kamu Tak Perlu Ribet-ribet

Sigap Membantu Meski Bukan Kedaruratan Bencana 

Di kala kondisi normal alias tidak ada bencana, sering sekali ditemukan kasus-kasus personel BPBD maupun tim gabungan di daerah masing-masing, kerap membantu segala kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Seperti menolong masyarakat yang jarinya terjebak cincin, menyelamatkan hewan peliharaan dan tindakan kemanusiaan lainnya. 

Peristiwa hampir serupa juga dialami oleh Petugas BPBD Kabupaten Madiun yang berjaga di Posko Siaga Bencana Rest Area KM 626 A jalan Tol Ngawi menuju Kertosono di Jawa Timur.

Para personel bercerita ada beberapa kejadian unik yang terjadi di sana, yang pertama ada masyarakat yang sedang beristirahat melaporkan bahwa keluarganya mengalami pecah ban dan membutuhkan pertolongan di jalan tol. 

BACA JUGA:Liga 1 : 7 Pemain Persib Bandung Berpotensi Angkat Koper, Siapa Saja? Berikut Daftarnya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: